Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Berita Haji & Umrah Tips

Umrah di Musim Panas? Begini Cara Mengatasinya

muslimtravelgirl

Bagi yang sudah terbiasa pergi ke tanah suci pastinya sudah tidak asing dengan cuaca panas di sana. Namun jika belum terbiasa tentunya kondisi tubuh perlu menyesuaikan terlebih dahulu. Apalagi jika menunaikan ibadah Umrah dilakukan pada musim panas.

Cuaca yang ekstrem di Mekkah dan Madinah ini bisa mencapai 55 derajat celcius. Hal ini jelas akan membawa efek yang kurang baik terhadap kesehatan dan fisik Jemaah, terutama jemaah yang baru pertama kali melaksanakan Umrah. Jika jamaah tidak mengantisipasinya lebih dini, paparan panas sinar matahari saat musim panas tentu akan menganggu kesehatan. Apalagi jika jemaah tidak mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih. Tentunya jemaah akan mengalami dehidrasi

Selain Dehidrasi penyakit yang diderita oleh jemaah pada musim panas biasanya adalah penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti Batuk, pilek, dan sakit kepala.

Nah, untuk menghindari tubuh dari kemungkinan berbagai penyakit saat Umrah di musim panas. Yuk atasi dengan dengan tips berikut ini

  • Menggunakan payung bila panas sangat menyengat saat akan keluar dari pemondokan
  • Menggunakan Masker yang dibasahi agar udara yang di hirup menjadi sejuk
  • Membasahi wajah dengan menggunakan handuk kecil
  • Memperbanyak minum, minumlah walaupun tidak terasa haus
  • Makan Tepat waktu, makanlah walaupun kondisi tidak lapar bila sudah waktunya
  • Istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh kita kuat
  • Melaksanakan Pola hidup bersih dan sehat selama di Tanah suci
  • Jemaah usia lanjut yang berrisiko tinggi sebaiknya shalat dzuhur dan ashar di pondokan saja

Tips di atas tersebut sangat penting sekali untuk Jemaah terapkan selama berada di Tanah suci untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan yang disebabkan oleh cuaca ekstrim di Arab Saudi. Mengingat perubahan suhu udara yang begitu ekstrim akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan Jemaah sehingga akan berpengaruh juga pada kualitas ibadah jemaah nantinya.

Jangan lupa untuk diterapkan ya Sahabat. Supaya ibadah Umrah bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Nah, untuk Sahabat yang ingin melaksanakan Umrah dan butuh berbagai perlengkapan untuk berangkat. Anda bisa membeli segala perlengkapan di Bursa Sajadah. Anda cukup klik di sini, berbagai keperluan ibadah Anda akan tersedia.