Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah ibadah Tips

Berencana Umrah? Cek Dulu Tips Berpakaian Saat Umrah Agar Berjalan Lancar

Utama 01

Umrah adalah ibadah sunnah yang bisa dilakukan setiap muslim yang mampu melaksanakannya. Saat merencanakan ibadah umrah, tentu pakaian menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan agar tidak mengganggu ibadah selama di Tanah Suci, apalagi untuk para Wanita yang selalu ingin tampil on point tanpa harus meninggalkan kesan Syar’i. Mengingat cuaca di Mekkah berbeda dengan cuaca di Indonesia, Anda harus mempersiapkan busana yang berbahan dingin agar tidak mudah gerah.

Nah berikut ini InfoHaji bakalan kasih tips berpakaian saat Umrah supaya berjalan dengan lancar. Simak yuk!

1. Pilih Warna Netral Saat Berangkat Umrah

Tujuan melaksanakan Umrah sudah pasti adalah beribadah dan meningkatkan amal. Maka dari itu Anda harus mempersiapkan Umrah dengan sebaik-baiknya agar tidak ada gangguan, salah satunya dalam berpakaian. Usahakan hindarilah padu-padan busana yang berlebihan supaya perjalanan ibadah Anda nyaman.  Anda bisa mengenakan pakaian yang berwarna netral atau monokrom yang bisa dipadukan dengan kerudung instan. Busana dengan warna netral akan memudahkan Anda dalam mencocokkan baju apa yang hendak Anda kenakan dalam melakukan kegiatan selama berada di sana.

Apabila Anda tetap ingin membawa pakaian berwarna, pilihlah warna-warna yang lembut atau earth tone. Memang baju dengan warna netral seperti hitam dan putih sangat direkomendasikan, tetapi Anda juga bisa membawa baju dengan warna pastel yang mudah untuk dipadupadankan. Warna-warna tersebut sangat sederhana dan tak menjadikan penampilanmu mencolok dan menyita perhatian banyak orang.

2. Pilih Pakaian Berpotongan Longgar dan Panjang

Pakaian wanita untuk umrah sebaiknya benar-benar menutup aurat dan berpotongan longgar. Jangan mengenakan pakaian yang membentuk tubuh Anda. Ingat mengenakan pakaian yang terlalu ketat sangat bertolak belakang dengan kewajiban sebagai seorang Muslimah.

3. Pilih Baju Model Sederhana

Selain memerhatikan warna, Anda juga perlu menghindari pilihan baju yang terlalu mewah saat pergi umroh. Pilihlah pakaian dengan model sederhana dan mudah ketika dikenakan. Anda juga bisa memilih baju model burqa yang bisa dipakai langsung dan cukup longgar ukurannya. Jangan mengenakan pakaian dengan banyak detail, pola, atau manik-manik saat melaksanakan ibadah Umrah karena tentu akan menyulitkan Anda dalam bergerak nantinya.

Selain itu baju dengan detail tersebut akan menambah kesan mewah dan memberi kesan bahwa Anda sedang melakukan fashion show bukan ibadah.

4. Gunakan Hijab Instan dan Tanpa Jarum

Para wanita sangat direkomendasikan untuk memilih kerudung instan ketika sedang melakukan umrah guna menghindari merapihkan kerudung setiap saat sehingga akan mengganggu konsentrasi ibadah. Cobalah memilih kerudung instan dengan material utama katun dan spandek yang mudah diaplikasikan tanpa perlu mengenakan jarum dan tidak mudah basah.

Perbedaan cuaca Indonesia dan Mekkah yang berbeda cukup ekstrem tentu menjadi kendala tersendiri. Di bulan Maret hingga Agustus suhu dan cuaca di sana bisa membuat ibadah Anda tak nyaman. Maka cobalah mengenakan busana yang nyaman dan tidak ribet sehingga tidak akan mengganggu selama ibadah.

5. Pilh Pakaian dan Kerudung Berbahan Spandek

Pilihlah pakaian serta kerudung dengan bahan katun spandek agar tak mudah kotor maupun kusut saat dipakai untuk beribadah. Bahan ini juga akan membuat Anda nyaman saat melaksanakan umrah. Katun spandek memiliki sifat menyerap keringat yang berlebih dan cukup sejuk. Sehingga Anda tidak akan merasakan kepanasan saat melakukan sejumlah rangkaian ibadah di Tanah Suci.