Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Berita Haji & Umrah Tips

Melaksanakan Haji dan Umrah di Usia Lanjut? Ini Tipsnya Agar Berjalan Lancar

suaramuslim.net

Melaksanakan Haji dan Umrah merupakan keinginan setiap umat muslim di dunia. Namun, terkadang dengan antrian pemberangkatan Haji yang cukup lama, tak heran jika banyak sekali calon jemaah yang akhirnya berangkat haji di usia lanjut.

Tentunya dengan usia yang sudah memasuki lanjut, kekuatan fisik pun tidak sekuat saat masih muda. Butuh perlindungan tubuh yang ekstra agar pelaksanaan ibadah bisa berjalan lancar.

Lantas, bagaimana sih caranya supaya pelaksanaan ibadah Haji dapat berjalan lancar meski sudah berusia lanjut? Berikut tipsnya yang harus Anda tahu.

Pertama, sebelum berangkat ke Tanah Suci, pastikan Anda menjaga kesehatan seperti melakukan aktivitas fisik ringan selama 30 menit sehari dan lakukan senam lansia secara rutin. Kedua konsumsi sayur dan buah setiap hari dan makan makanan yang kaya akan kalsium, serat dan tidak mengandung lemak. Ketiga, memeriksakan kesehatan secara rutin di pos pelayanan terpadu (posyandu) lansia atau pos pembinaan terpadu (posbindu) dan ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) jika ada keluhan kesehatan.

Keempat, jangan lupa pula istirahat yang cukup, dan olahraga ringan yang cocok untuk Anda. Ada baiknya, Anda juga divaksin meningitis dan influenza agar tidak tertular penyakit. Persiapan obat-obatan juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Kelima,  jangan membawa barang berlebih saat akan berangkat. Anda diimbau untuk membawa perlengkapan seperlunya, antara lain pakaian secukupnya, bahan makanan yang kering, peralatan makan, kain ihram, sandal, pelengkapan mandi dan shalat.

Jangan pula Anda membawa uang berlebih, bawa saja uang secukupnya, dan tidak perlu membawa perhiasan mencolok. Jika merasa kondisi fisik sudah tidak memungkinkan, baiknya dapat membawa pendamping untuk membantu segala aktivitas di Tanah Suci.