Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

WOW! Ternyata Haji dan Umroh Sudah Jadi Tren Anak Muda. Ini Alasanya

Utama

Sahabat InfoHaji, tentu kamu sudah tahu bahwa Ibadah Haji dan Umroh ternyata tidak lagi jadi hal yang sulit terwujud bagi sebagian masyarakat Muslim. Bahkan, animo untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umroh semakin meninggi dari tahun ke tahun dan menjadi tren.

Hal ini mulai tampak pada tahun 2013 lalu. Bahkan di Australia sendiri banyak pemuda Muslim yang memilih pergi haji di saat muda. Tentu bukan tanpa alasan. Sebab lebih dari 4 ribu jamaah haji asal Australia pada tahun itu memilih bergabung dengan sekitar 2 juta jemaah lainnya untuk memenuhi rukun Islam yang kelima.

Lalu apa sih yang membuat haji di usia muda bisa menjadi tren anak muda? Simak alasannya:

Harapan untuk lebih meningkatkan keimanan

1

Sumber: Labbaik

Harapan inilah yang kemudian mendorong banyak anak muda untuk bisa pergi haji seawal mungkin.

Sebagaimana dikutip dari sebuah sumber, Elias Atta adalah satu diantara jamaah berusia muda. Di usianya yang baru 26 tahun, ia sudah mendapat kesempatan untuk berangkat haji. Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai pengacara ini mengaku baru memutuskan berangkat haji begitu saja. Ia merasa haji adalah salah satu momentum untuk memusatkan kembali apa yang menjadi prioritasnya. “Haji adalah perjalanan sekali seumur hidup. Saya tak pernah tahu kapan bisa mendapat kesempatan ini lagi,” ujar Elias.

Daya beli masyarakat yang semakin membaik

2

Sumber: Bimtekkeuangan

Fenomena haji diusia muda juga dikuatkan oleh Head of Islamic Enterprise & Alliances Bank Muamalat, Agus Andipratama Amir, yang mengatakan bahwa tren haji dan umroh meningkat dipengaruhi adanya experience spending. Fenomena ini terbentuk akibat daya beli masyarakat yang semakin membaik.

Keadaan inilah yang membuat grafik haji diusia muda hampir mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Meskipun hampir setiap tahun selalu ditemukan kasus jamaah yang gagal berangkat, ternyata hal ini tidak menyurutkan langkah para jamaah ke tanah suci.