Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah

Waspadai Suhu Tinggi Saat Ibadah Haji, Lakukan Tip Sederhana Ini

tenda haji mekkah

Berita duka datang dari Madinah. Sebanyak 5 calon jemaah haji dikabarkan meninggal dunia karena suhu yang terlalu tinggi di Arab Saudi.

Suhu panas di Arab Saudi memang wajib diwaspadai oleh jemaah haji. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mari #SiapNaikHaji dengan tetap menjaga kesehatan di Tanah Suci. Lakukan beberapa tip untuk mengatasi suhu tinggi berikut ini!

1. Minum air sesering mungkin tanpa menunggu haus

Ya. Tak perlu menunggu haus terlebih dahulu, minumlah sedikit demi sedikit secara bertahap dan sesering mungkin, namun jauhi air dingin atau air es agar tidak sakit tenggorokan.

2. Gunakan payung, topi, atau pun tudung untuk menghalau panas

Hindari paparan matahari langsung untuk mencegah masalah pada kulit. Lebih baik perbanyak aktivitas di dalam ruangan serta jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung diri dari sengatan matahari saat berkegiatan di luar seperti payung, topi, maupun tudung.

3. Semprotkan air sesering mungkin pada kulit yang tidak tertutup

Agar kulit selalu terhidrasi, semprotkan air yang bisa memberi kesegaran pada bagian yang terbuka seperti muka dan telapak tangan. Suhu siang hari yang mencapai 41 derajat celcius sangat berpotensi menyebabkan dehidrasi dan heat stroke. Selain rajin minum air, jemaah haji disarankan sering menyemprotwajah dengan air dingin atau “Spray Haji Beauty Water” yang tersedia di Toko Bursa Sajadah. Spray Haji Beauty Water adalah spray yang bisa dibawa saat beribadah haji ataupun umrah karena tidak mengandung alkohol serta parfum. Mengandung berbagai macam kebaikan yang bermanfaat untuk melindungi kulit dengan mempertahankan pH normal, mencegah rusaknya acid mantle sebagai pelindung kulit, melembabkan kulit, mencegah kekeringan pada kulit, mencerahkan wajah, mencegah infeksi bakteri, serta mencegah agar fungsi kulit tetap normal selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

4. Gunakan pelembab

Nah, tip selanjutnya untuk siap naik haji adalah selalu membawa pelembab dimanapun berada, misalnya Vaseline Petroleum Jelly yang direkomendasikan oleh Toko Bursa Sajadah. Produk ini sangat populer untuk merawat kulit kering agar kembali lembut, halus, dan mampu menyamarkan kerutan serta mengobati luka bakar. Suhu panas di Arab Saudi juga memungkinkan jemaah mengalami bibir pecah-pecah, gel mungil ini mampu membantu mengatasinya.

5. Segera hubungi tenaga kesehatan terdekat jika mengalami tanda atau gejala gangguan kesehatan

Yang terakhir dan tak perlu ragu, jika jemaah mengalami masalah kesehatan seperti badan lemas dan gejala dehidrasi lainnya, segera hubungi tenaga kesehatan terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

 

Berhaji adalah impian semua umat Muslim di dunia. Tidak hanya tentang kemampuan finansial, berhaji merupakan panggilan Allah yang tidak datang kepada semua orang. Semoga jemaah haji Indonesia tetap sehat menjalankan ibadah hingga kembali ke Tanah Air tercinta.