Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah

Warga Kabupaten Sidrap Harus Menunggu 41 Tahun Untuk Berhaji

haji

Warga Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji di Tanah Suci harus bersabar dan rela menunggu hingga berpuluh-puluh tahun sampai diberangkatkan.  Salah satunya warga kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan yang harus rela menunggu hingga 41 tahun.

Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, “waktu tunggu ini bervariasi, paling cepat antrean ada di Kabupaten Seluma dan Kabupaten Sanggau yakni sembilan tahun, dan paling lama ada di Kabupaten Sidrap”. Hal ini disampaikannya saat menghadiri evaluasi pelaksanaan ibadah haji 2016, Senin (26/9).

Pada tahun ini, karena adanya renovasi Masjidil Haram kuota jamaah haji bagi Indonesia dikurangi sebanyak 20 %. Tentunya dengan adanya penurunan kuota ini, berdampak pada antrian warga Indonesia yang ingin melaksankan ibadah haji semakin panjang bahkan harus menunggu hingga puluhan tahun.

Pemerintah sedang mengupayakan penambahan kuota dengan mengajukannya secara langsung kepada pihak Arab Saudi. Cara lain juga dilakukan pemerintah untuk mengurangi antrian panjang, yaitu dengan memprioritaskan bagi mereka yang belum pernah naik haji  dan menetapkan usia minimal bagi calon haji yaitu 12 tahun.

Products you may be interested in;