Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

Viral! Ternyata Begini Kisah Haru Imam Hambali Saat Digendong Jemaah Suriah

Utama

Selalu ada kisah-kisah yang membuat decak kagum dari jutaan calon jamaah haji yang menginjakkan kaki ke Tanah Suci. Kali ini, kisah inspiratif itu datang dari seorang Imam Hambali, jemaah haji asal Nganjuk, Jawa Timur.

Kisah Imam sempat mengguncang warganet dan menjadi perbincangan lantaran beredar video dirinya tengah digendong oleh jemaah lain di terowongan Mina. Dalam video yang beredar, terlihat Imam digendong di pundak oleh seorang laki-laki, sementara dua jamaah lain memegangi tangan Imam. Ketiga pria tersebut diketahui berasal dari Suriah.

Viralnya video Imam itu diketahui terjadi pada 11 Dzulhijah petang atau hari Rabu 21 Agustus lalu di terowongan Mina. Imam saat itu berjalan pulang bersama istrinya, Siti Maemunah dan juga rombongan dari Kloter SUB 59 usai melontar jumrah.

1

Sumber: suarabhayangkara.com

Dalam perjalanan itu, Imam tiba-tiba dihampiri oleh dua orang jemaah haji. Keduanya memperkenalkan diri berasal dari Suriah.

Sebelumnya, Imam juga sempat hendak digendong oleh jemaah lain asal Suriah. Lalu karena terkendala bahasa, Imam pun menolak dengan memberikan isyarat tangan. Dua orang jemaah haji dari Suriah itu pun tak jadi mengangkat Imam.

Namun tak berselang lama, ada jemaah lainnya yang langsung menggendong dirinya lantaran Imam terlihat kelelahan. Tanpa berkata apapun, Imam langsung diangkat di atas pundak.

Pria berusia 60 tahun ini tak bisa berbuat banyak saat sudah berada dalam posisi digendong. Sementara dua orang jemaah haji Suriah sebelumnya, yang sebelumnya mencoba menggendong Imam, tetap turut membantu memegangi tangan Imam agar tidak terjatuh.

Imam pun digendong kurang lebih sejauh 150 meter. Begitu sudah tiba di ujung terowongan yang menghubungkan ke perkemahan, Imam diturunkan.

Dalam Kondisi Sehat

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, bahwa pasca video dirinya viral banyak yang mencoba menanyakan kondisi Imam melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Zamzam.

Diakui oleh Imam bahwa aksi Jemaah Suriah menggendong dirinya itu terjadi karena persoalan komunikasi. Jika saja jemaah haji Suriah tersebut memahami bahwa Imam dalam keadaan sehat, maka pasti aksi gendong itu tidak terjadi.