Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah Tips

Umroh Saat Ramadhan? Ini Tips yang Harus Anda Lakukan

tips umroh di makkah

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, Sahabat.

Pernah terpikir untuk pergi umrah saat bulan suci Ramadhan? Jika iya, maka Anda wajib mengetahui dan menyiapkan apa saja yang diperlukan, baik itu persiapan secara materi maupun fisik. Hal ini diperlukan agar Anda lebih khusyu dalam menjalankan dua ibadah sekaligus, yaitu berpuasa dan juga umrah tentunya. Sebab, tidak semua orang  bisa melakukan dua ibadah tersebut secara bersamaan. Nah jika Anda yakin dan niat untuk pergi umrah saat bulan Ramadhan, maka segeralah untuk dilaksanakan. Pastinya Anda akan memperoleh ridho dan pahala yang besar dari Allah SWT. Lantas, apa saja sih yang wajib siapkan untuk melaksanakan kedua ibadah tersebut? Sahabat mari intip tips umrah saat bulan Ramadhan di bawah ini.

1. Jangan Lupa Pesan Tiket dan Keperluan Lain Sejak Jauh Hari

Hal utama yang harus Anda persiapkan adalah tiket dan akomodasi selama di sana. Anda wajib mempersiapkan ini dari awal agar terhindar dari berbagai masalah yang mungkin saja datang. Namun, cara ini tidak perlu Anda lakukan jika mengikuti agen travel karena semua itu pasti sudah dipersiapkan oleh agen tempat Anda mendaftar. Mungkin Anda hanya perlu mempersiapkan paspor dan visa untuk pergi umrah saat bulan Ramadhan.

2. Jaga Fisik Biar Tidak Mudah Lelah Saat Umrah

Menggabungkan ibadah Umroh dengan puasa Ramadhan tentu akan menguras tenaga dan stamina Anda lebih banyak. Apalagi kondisi cuaca di tanah suci yang cukup terik matahari, tentunya membuat Anda mudah dehidrasi dan kelelahan. Maka dari itu menjaga fisik sangat dianjurkan. Bawalah beberapa multi vitamin agar kesehatan dan stamina Anda tetap terjaga.

3. Kurangi Konsumsi Garam Agar Tidak Mudah Dehidrasi

Usahakan saat berbuka dan sahur, jangan memakan makanan yang terlalu banyak mengandung garam supaya ketika menjalankan ibadah umrah di siang hari, Anda tidak cepat dehidrasi.

4. Perbanyak Kosumsi Air Putih

Banyaklah minum air putih (di luar waktu puasa), agar tidak mengalami dehidrasi sewaktu melaksanakan ibadah, dikarenakan cuaca yang panas mudah membuat Anda dehidrasi.

5. Menjaga Pola Tidur yang Baik

Pilihan pergi umrah saat bulan Ramadhan merupakan pilihan yang terbaik. Banyak pahala yang Anda dapatkan selama beribadah. Tentunya Anda tidak akan menyia-nyiakan waktu selain untuk beribadah bukan? Namun Anda tetap harus menjaga kesehatan ya! Jangan sampai kesehatan Anda juga tidak dijaga. Tidur malam sangat penting untuk dilakukan. Minimal Anda bisa mengambil empat sampai lima jam tidur malam, agar stamina Anda tetap prima sampai ibadah umrah selesai.

6. Jangan Menunda Waktu Berbuka

Walaupun Anda sedang beribadah Umrah, jangan sampai melewatkan waktu berbuka. Ingat Anda pergi umrah saat bulan Ramadhan. Tentunya kondisi Anda sedang berpuasa dan tenaga serta stamina terkuras lebih banyak. Minimal air putih dan tiga biji kurma jangan sampai dilewatkan ya.

Menjalani ibadah Umrah di tanah suci dan di bulan yang penuh berkah, tentunya akan membuat nilai religius beribadah semakin meningkat. Penting diingat adalah, adanya perbedaan waktu, suhu, dan cuaca antara Negara Arab dan juga Indonesia. Hal ini harus sangat Anda perhatikan agar pergi umrah saat bulan Ramadhan tidak terganggu sedikitpun serta Anda berhasil menjalankan kedua dengan hasil yang terbaik. Semoga tips diatas dapat bermanfaat ya.