Home » Arsip » Tips Memilih Kain Ihram yang Nyaman & Sesuai Sunah
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Artikel

Tips Memilih Kain Ihram yang Nyaman & Sesuai Sunah

Hal yang Wajib Diperhatikan Dalam Memilih Kain Ihram Laki-Laki yang Nyaman dan Sesuai Sunah

Berihram bagi orang yang akan melaksanakan ibadah haji adalah suatu kewajiban. Secara bahasa, Ihram diambil dari kata Al Haram yang berarti terlarang. Maksudnya, setiap muslim yang melaksanakan ibadah haji atau umroh dilarang melakukan hal-hal yang dapat membatalkan rukun haji. Selain itu ada beberapa sunah yang harus dilakukan dalam berihram, salah satunya adalah mengenakan pakaian ihram.

Pakaian Ihram Laki-Laki yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa ada seseorang yang berkata pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ مِنَ الثِّيَابِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « لاَ يَلْبَسُ الْقُمُصَ وَلاَ الْعَمَائِمَ وَلاَ السَّرَاوِيلاَتِ وَلاَ الْبَرَانِسَ وَلاَ الْخِفَافَ ، إِلاَّ أَحَدٌ لاَ يَجِدُ نَعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ خُفَّيْنِ ، وَلْيَقْطَعْهُمَا أَسْفَلَ مِنَ الْكَعْبَيْنِ ، وَلاَ تَلْبَسُوا مِنَ الثِّيَابِ شَيْئًا مَسَّهُ الزَّعْفَرَانُ أَوْ وَرْسٌ

“Wahai Rasulullah, bagaimanakah pakaian yang seharusnya dikenakan oleh orang yang sedang berihram (haji atau umrah)?”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh mengenakan kemeja, sorban, celana panjang kopiah dan sepatu, kecuali bagi yang tidak mendapatkan sandal, maka dia boleh mengenakan sepatu. Hendaknya dia potong sepatunya tersebut hingga di bawah kedua mata kakinya. Hendaknya dia tidak memakai pakaian yang diberi za’faran dan wars (sejenis wewangian).” (HR. Bukhari no. 1542).

Pakaian ihram laki-laki terdiri dari dua helai, yaitu kain ihram bagian bawah yang disebut izaar dan bagian atas yang disebut ridaa’. Berbeda dari perempuan, kain ihram laki-laki memiliki persyaratan khusus yang wajib dipenuhi oleh jemaah laki-laki. Selain itu, faktor kenyamanan pun perlu diperhatikan agar perjalanan ibadah haji bisa lebih nyaman dan khusyuk.

Tips Memilik Pakaian Ihram

Memilih pakaian ihram memang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Sebab, pakaian yang tidak sesuai akan mengganggu ibadah Anda selama di Tanah Suci. Untuk menghindari hal tersebut, ikutilah beberapa tips memilih pakaian ihram berikut ini:

  1. Ketahui ketentuan syar’i pakaian ihram laki-laki

Bagaimana bentuk pakaian yang digunakan oleh seorang laki-laki yang berhaji atau umrah saat berihram? Apakah ada bentuk pakaian tertentu dan larangan dari pakaian tertentu?

Larangan ketika haji ada tiga macam: (1) Larangan khusus pada laki-laki, (2) larangan khusus pada perempuan, (3) larangan pada laki-laki dan perempuan.

Larangan yang khusus bagi laki-laki: mengenakan pakaian al makhith yang membentuk lekuk tubuh dan berjahit, maksudnya seperti kemeja, kaos dalam, celana dalam, celana pendek maupun celana panjang. Juga laki-laki dilarang menutup kepala dengan topi dan pecis saat berihram.

Begitu juga larangan yang khusus bagi laki-laki adalah memakai sepatu dari bahan apa pun. Namun jika tidak mendapati sepatu, maka sepatu yang ada dipotong sampai bagian mata kaki terbuka, sehingga sepatu tersebut beralih menjadi sendal. Akan tetapi, untuk hal ini hanya masa di awal-awal pensyariatan, setelah itu jadi terhapus. Yang ada saat ini adalah diperintahkan untuk menggunakan sendal saat ihram.

  1. Sesuaikan Dengan Musim

Musim yang ekstrem mengharuskan Anda untuk memilih kain ihram dengan bahan yang tepat. Saat musim dingin, pilihlah kain berbahan handuk tebal yang berfungsi untuk menghangatkan. Sebaliknya, saat musim panas, pilihlah kain berbahan katun atau handuk karena mampu menyerap keringat.

  1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Pakaian ihram biasanya diproduksi oleh pabrik kain ihram dengan ukuran yang berbeda-beda. Untuk itulah, Anda bisa memilih kain yang paling pas saat dikenakan. Ada pakaian ihram yang dikhususkan untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa.

  1. Kelebihan Kain Ihram Berbahan Handuk

Salah satu bahan pakaian ihram yang paling sering dipilih adalah handuk. Kain dengan bahan dasar handuk ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah menyerap keringat. Tentu ini akan sangat berguna, karena banyaknya kegiatan yang dilakukan akan membuat Anda mudah berkeringat. Kain dengan bahan ini juga akan mengurangi rasa gerah sehingga ibadah bisa tetap dijalankan dengan khusyuk. Tidak hanya menyerap keringat, kain berbahan handuk juga memiliki ukuran yang tebal sehingga mampu menghangatkan pemakainya ketika cuaca dingin.