Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

Ternyata Seperti Ini Cara Rasulullah Menjaga Kesehatan Gigi

Utama (4)

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, kesehatan gigi masih menjadi salah satu persoalan yang jamak dihadapi masyarakat, hingga sekarang ini. Salah satu pemicunya adalah perilaku dan kebiasaan yang mengabaikan faktor-faktor penentu kesehatan gigi.

Perihal kesehatan gigi, masih banyak masyarakat yang belum tahu Islam mengajarkan konsep yang bagus dalam menjaga kesehatan gigi. Padahal kita tahu bahwa Rasulullah SAW dalam salah satu sabdanya menjelaskan, andai saja tidak memberatkan maka Rasulullah akan mewajibkan umatnya memakai siwak (menggosok gigi) setiap hendak wudhu untuk menunaikan shalat.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab Rasulullah sendiri sangat mengerti bahwa dengan membersihkan gigi, sama artinya kita juga menjaga kebersihan mulut. Dan hal ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita itu sendiri.

Namun, beberapa diantara kita sering malas membersihkan gigi. Padahal jika kamu tahu, banyak penyakit-penyakit yang datang kepada kita disebabkan oleh karena kita malas menjaga kebersihan mulut dan gigi kita.

Selain itu ada dampak yang paling dominan terjadi bila kita malas menjaga kebersihan mulut dan gigi kita adalah sariawan, sakit gigi atau gigi berlubang, pembengkakan gusi karena banyaknya bakteri dalam mulut kita.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa banyak kandungan kimiawi penting yang sangat bermanfaat untuk mulut dan gigi kita yang terkandung dalam kayu araak atau kita mengenalnya dengan kayu siwak tersebut, salah satunya adalah kayu arak atau kayu siwak tersebut mengandung anti bacterial yang mampu membunuh kuman-kuman jahat dalam mulut dan gigi kita.

Selain itu dalam kayu araak mengandung Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C dan kandungan-kandungan kiamiwi alami lainnya yang selama ini banyak digunakan orang untuk membuat pasta gigi. Adapun kandungan-kandungan kiamiwi alami tersebut berfungsi untuk membersihkan gigi kita, menjaga kekuatan gigi agar tidak rapuh dan berbagai manfaat lain yang menyehatkan gigi dan gusi kita. Pastinya muncul satu pertanyaan dari kita, manakah yang lebih bagus antara menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi atau menyikat gigi dengan menggunakan kayu siwak?

Yang pasti kayu siwak tidak mengandung bahan kimia buatan yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, dan kayu siwak juga memiliki kandungan minyak alami yang bisa membuat mulut kita wangi setelah menggosok gigi dengan kayu tersebut, berbeda halnya dengan pasta gigi, kita harus pintar-pintar dalam memilih pasta gigi, karena tidak semua pasta gigi aman kita gunakan, selain itu tidak semua pasta gigi menggunakan bahan kimia alami yang justeru bisa saja justru tidak hanya berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut tapi juga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Nah Sahabat InfoHaji, demikian sedikit Info tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara Rasulullah SAW. Bagi kamu yang juga ingin mencoba memakai siwak, kamu bisa mendapatkannya di sini.