Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

Ternyata Begini Cara Merawat Sajadah Yang Benar

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, sajadah Sajadah (dalam Arab, سجادة sajjāda atau musallah, dalam Persia: جانماز Janamaz) adalah alat yang terbuat dari kain yang biasanya memiliki gambar dan corak tertentu yang menggambarkan islam. Salah satunya adalah corak masjid.

Sajadah digunakan umat Islam sebagai alas agar tetap terjaga kebersihannya ketika melaksanakan shalat. Sajadah pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar untuk mengkover seluruh bagian tubuh ketika melakukan sujud agar tetap bersih selama salat. Ukuran sajadah pada umumnya 0.91 m × 1.5 m atau 1.2 m × 1.8 m.

Untuk bentuknya sendiri, saat ini sajadah sudah mengalami banyak pengembangan. Mulai dari sajadah kompas, sajadah sandar, dan sebagainya.

Namun, hampir semua sajadah terbuat dari bahan yang tidak jauh berbeda. Ada yang terbuat karpet, ada yang dari handuk. Tapi semua itu memiliki sifat mudah menyerap air. Khusus untuk sajadah yang terbuat dari bahan handuk, biasanya terasa lebih tebal. Bila digunakan terasa nyaman. Meski tebal, sajadah yang terbuat dari handuk biasanya memiliki kelenturan, sehingga bisa dilipat.

Karena tebal, sajadah karpet dan handuk, tidak mudah kering. Apalagi kamu bisa ketahui bahwa setelah selesai berwudhu, air di telapak kaki, tangan dan wajah, biasanya belum kering betul. Akibatnya sajadah pun ikut menyerap air yang menempel pada bagian tubuh kita.

Nah, jika kamu sering melakukan hal ini, besar kemungkinan sajadah yang kamu gunakan kan tercium bau yang tidak sedap alias apek. Sujud pun akan terganggu, apalagi ketika bacaan sang imam cukup lama. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan penjemuran agar sajadah kesayangan kamu tidak menjadi lembab. Penjemuran sendiri sebaiknya kamu lakukan setidaknya satu kali dalam seminggu.

Selain itu, kamu juga harus ingat bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman. Merawat perlengkapan shalat hingga selalu dalam keadaan bersih dan wangi tentu akan menambah nilai kekhusukan dalam beribadah.

Berdasarkan pengalaman, cucilah sajadah setidaknya satu kali dalam dua bulan. Jangan lupa gunakan pewangi pakaian. Khusus untuk sajadah yang terbuat dari bahan karpet atau handuk, bila mencuci sendiri, sebaiknya gunakan sikat halus dalam mencuci.

Hal ini penting untuk membersihkan debu dan kotoran yang secara tidak sengaja menempel pada benang-benangnya. Namun, bila ingin lebih mudah, gunakan saja jasa laundry. Dengan sajadah yang selalu bersih dan wangi, akan didapat kenyamanan dalam shalat, terutama ketika melakukan sujud.

Nah itulah tadi tips dari tim InfoHaji untuk kamu bisa merawat sajadah dengan benar, sehingga ibadah kamu bisa khusuk dan lancar.