Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

Seorang Nenek Meninggal Saat Haji, Oki Setiana Dewi: DAFTARLAH HAJI DARI SEKARANG!

Utama

Jika Anda berkeinginan naik haji, ada baiknya Anda mendaftar saat ini. Pasalnya, panjangnya antrean daftar tunggu haji di Indonesia saat ini, sudah bukan rahasia. Ada daerah yang daftar tunggunya masih belasan tahun lagi, bahkan ada yang lebih dari 20 tahun ke depan.

Sebagaimana Dikutip dari laman republika.co.id, Direktur Bina Haji Kemenag RI Khoirizi H. Dasir menyebut bahwa daftar tunggu calon jamaah haji mencapai 3,7 juta per April 2018. Wajar hal tersebut membuat seorang public figure Oki Setiana Dewi menghimbau agar banyak anak muda yang mempersiapkannya jauh-jauh hari.

01

Sumber: Oki Setiana Dewi

Himbauan ini Oki tuliskan melalui akun instagramnya, Saat melaksanakan haji tahun 2017 lalu. Dalam sebuah foto yang diunggahnya, terlihat seorang Imam tengah menshalatkan beberapa jenazah. Oki pun menuliskan sebuah pesan yang cukup mengundah banyak perhatian warganet. Diketahui bahwa foto tersebut diunggahnya pada 13 Dzulhijjah/4 September 2017, Oki menuliskan:


Perbincangan saat mengantri kemarin di kamar mandi, Mina, membuat saya merenung. Para jemaah haji sibuk membicarakan seorang nenek yang baru saja wafat usai melontar jumroh. Beliau kemudian nantinya akn disolatkan oleh jutaan muslim di masjidil harom dan akan dimakamkan di pemakaman ma’la, Mekkah. Saya juga teringat cerita teman bahwa para nenek jatuh pingsan saat mengantri di kamar mandi.

Terlepas bahwa wafatnya seseorang memang sudah menjadi takdir Allah, namun wafat saat menunaikan ibadah haji banyak dialami oleh jemaah haji yang sudah sangat tua dan sepuh.

Sahabat, ibadah haji adalah ibadah fisik yang luar biasa menguras energi. Di bawah panas matahari yang begitu terik membakar kulit, rangkaian ibadah mulai selama 5-6 hari dari wukuf hingga berkali-kali melontar jumroh dengn menempuh perjalanan kaki yang berkilo-kilo meter jauhnya serta berdesak-desakkan dengan jutaan jemaah haji lainnya, memerlukan tenaga yang banyak dan kondisi yang fit.

Itu sebabnya, kalau ada lapang harta, masa dan kesempatan, berhajilah di usia muda! Jangan tunda hajimu! Daftar dari sekarang sebagai bentuk dari ikhtiarmu!

Masalah dipanggil atau tidak olehNya adalah urusanNya. Urusan kita adalah SELALU sisihkan uang utk haji/umrah dan MENDAFTAR SEJAK SEDINI MUNGKIN..dan..semoga Allah gerakkan hati kita untuk melakukan itu.. Semoga kita diizinkan Allah ke baitullah untuk menyempurnakan rukun Islam ke 5 sebelum dipanggilnya ke sisiNya. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Allâh Azza wa Jalla berfirman, “Sesungguhnya seorang hamba yang telah Aku anugerahi kesehatan badan, Aku telah luaskan penghidupannya, telah lewat padanya lima tahun, (namun) dia tidak mendatangiKu (yakni: melakikan ibadah haji), dia benar-benar dicegah (dari kebaikan). (HR. al-Baihaqi ,ibnu Hibban , ath-Thabarani dll)

Hingga saat ini, unggahan tersebut telah disukai oleh 59,700 orang dan mendapatkan respon sebanyak 1118 komentar.