Home » Arsip » Salah Satu Kamar Jamaah Haji Indonesia Terbakar
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Dapatkan Produknya disini

Sajadah Beli
Kerudung Beli
Souvenir Beli
Berita Haji & Umrah

Salah Satu Kamar Jamaah Haji Indonesia Terbakar

haji

Kelalaian jamaah haji Indonesia ketika memasak mengakibatkan salah satu kamar di Pemondokan Nomor 624 di wilayah Syisyah, Makkah, ludes terbakar, Kamis (8/9/2016) pukul 10.15 Waktu Arab Saudi (WAS). Kejadian ini terjadi saat para penghuninya tengah mengikuti acara bimbingan ibadah jelang puncak haji. Api diduga berasal dari korsleting listrik colokan kabel rice cooker dan hand phone.

Usai mendapat kabar adanya kamar pemondokan jamaah yang terbakar, Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin langsung meluncur ke lokasi. Dalam kesempatan tersebut beliau berpesan bagi seluruh jamaah haji Indonesia untuk tidak menggunakan alat-alat yang menggunakan daya listrik tanpa pengawasan, seperti rice cooker atau pemanas air, atau perlatan lainnya yang menggunakan listrik.

“Ke depan tentu bagaimana kita semakin lebih gencar lagi sosialisasikan kepada jamaah agar tak gunakan alat-alat listrik tanpa pengawasan, agar kita semakin berhati-hati, sedapat mungkin jangan masak dalam kamar hotel karena memang sesungguhnya tak diperbolehkan. Di hotel ini sebenarnya ada tempat khusus untuk masak, jadi ini sekali lagi tantangan bagi petugas kita untuk memberikan penjelasan berkali-kali agar jamaah haji tak lakukan kesalahan terulang karena tahun lalu juga ada kejadian serupa,” ucapnya.

Terkait solusi jangka panjang, Lukman terus mengupayakan agar pemberian katering kepada para jamaah haji bisa ditambah kuantitasnya, sehingga tak ada lagi jamaah haji yang memasak di pemondokan.

Salah satu yang menjadi kendala petugas tidak lagi mendistribusikan katering kepada jamaah karena persoalan distribusi makanan. Lima hari menjelang wukuf dan sesudah wukuf banyak jalan-jalan di sekitar Masjidil Haram ditutup, sehingga menghambat jalur distribusi makanan.