Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

Saat Umroh Lakukan 3 Ini Agar Keimanan Meningkat

1

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, jika kamu merasa bahwa imanmu sering turun, sulit menjalankan ibadaha. Apa kamu salah satu orang yang pernah merasakan keimanan tengah diuji saat melakukan ibadah? Hal ini tidak hanya dialami oleh kamu saja lho, beberapa orang juga pasti sempat merasakan ujian keimanan ketika ada di Tanah Suci. Ketika berada dalam posisi ini, ketaatan akan membuat keimanan seorang muslim meningkat, dan tentunya kemaksiatan memberikan efek berkurangnya tingkat keimanan pada diri seseorang.

Lalu, gimana ya caranya supaya iman tetap terjaga ketika diuji? Banyak cara dan sarana yang dapat kamu lakukan untuk terus meningkatkan keimanan. Salah satunya dengan melakukan ibadah di tanah suci, baik haji ataupun umroh. Bukan hal yang mudah memang untuk melakukan ibadah tersebut, namun dengan keyakinan dan usaha yang kuat, tidak ada hal yang tidak mungkin bukan? Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa kamu lakukan. Di antaranya adalah:

Membaca Al-Quran dan Hadist

1

Sumber: AboutIslam.net

Banyak sekali ilmu dan amalan baru yang dapat kamu temukan dalam Al Quran dan hadist. Tidak hanya janji Allah kepada setiap umatnya, namun ancaman, mukjizat, perkara yang berkaitan dengan akhirat, serta kisah Nabi terangkum di dalamnya. Hal tersebut dapat membuat kamu mengetahui setiap batasan yang boleh dan tidak boleh dalam syariat Islam. Bahkan jika kamu semakin mendalaminya, semakin kuat dan terjaga iman yang telah kamu bangun, insyaAllah.

Ingat Kuasa Allah

2

Sumber: griyaquran

Selalu ingat bahwa tempat kamu berpijak adalah kuasa Allah yang nyata. Langit dan bumi ciptaan Allah menyimpan keindahan yang bahkan tidak dapat kamu bayangkan. Apabila kamu berangkat melaksanakan Ibadan haji ataupun umroh, kamu bisa menyaksikan betapa besarnya langit dan bumi yang terhampar di tanah suci. Q.S. Al-Sajdah ayat 32 menyebutkan:

‘Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya dalam waktu enam hari. Kemudian dia bersemayam di atas Arsy. Kamu semua tidak memiliki seorang penolong dan pemberi syafaat pun selain diri-Nya. Lalu, apakah kamu tidak memperhatikannya?’.

Lakukan Amal Sholeh Secara Teratur

Keimanan akan semakin bertambah dengan amalan-amalan sholeh yang dilakukan secara teratur. Kamu dapat lebih membentengi diri dari maksiat dengan selalu memaksimalkan ibadah saat di tanah suci, misalnya dengan senyum dan sapa pada jamaah lain, berdzikir setiap waktu, atau bahkan sesederhana membaca bismillah setiap akan melakukan sesuatu. Ngga gampang memang untuk konsisten dalam melakukan amal sholeh, tapi setidaknya mulailah membiasakan diri dari sekarang. Lakukan perlahan-lahan, sedikit demi sedikit hingga kita terbiasa.