Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

Saat Haji & Umroh, Inilah 13 Tempat Berdoa Yang Bakal Diijabah Allah

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, setiap kamu pasti punya cita-cita yang mungkin hendak dirapal saat melaksanakan umroh ataupun haji. Nah, penting sekali kalau kamu bisa tahu 15 tempat yang diijabah oleh Allah.

Di 15 tempat yang bakal diijabah Allah ini, kamu bisa mengupayakan untuk khusuk dan bersungguh-sungguh. Bahkan jika perlu, kamu juga bisa minta kepada Allah sebanyak yang kamu mau. Bila diperlukan, kamu sudah mempersiapkan daftar keinginan kamu yang ditulis dalam kertas atau dicatat di ponsel kesayangan. Mulai keinginan kamu dalam waktu dekat, atau keinginan dalam waktu panjang.

Jika kamu sudah tahu daftar doa yang akan kamu panjatkan, kamu bisa langsung datang ke 15 tempat yang akan diijabah oleh Allah ini:

1. Saat Thawaf

Saat kamu Thawaf, kamu bisa menggunakan bahasa asal atau bahasa daerah kamu untuk meraih kebahagian dunia dan akhirat. Apakah ini dibolehkan? Boleh. Sebab pada waktu ini, tidak ada bacaan wajib dan tidak ada juga doa khusus yang harus dihafalkan. Jadi kamu bebas membaca doa yang kamu inginkan.

2. Multazam

Multazam merupakan tempat utama untuk kamu bisa memanjatkan doa. Tempat ini terletak antara sudut Hajar Aswad dan pintu Ka’bah. Merendahdirilah dan jika perlu menangislah layaknya anak kecil yang meminta kepada orang tuanya. Jika ada kesempatan, kamu bisa juga sambil memegang pintu Ka’bah. Namun, jangan memaksakan diri bahwa kamu harus memegangnya. Sebab hampir semua orang pasti berkeinginan untuk memegang pintu Ka’bah. Kamu bisa terdesak dan terhimpit.

3. Di bawah pancuran Ka’bah

Pancuran Ka’bah atau yang dikenal dengan Mizab terletak di arah Hijir Ismail. Pancuran ini dibuat oleh suku Quraisy berbarengan dengan pembuatan atap Ka’bah. Jadi secara historis, pancuran Ka’bah belum di zaman Nabi Ibrahim as. Pada bagian depan talang tertulis lafal Bismillahi ar-Rahman ar-Rahim, sementara sisi kirinya tertulis kalimat dalam bahasa Arab yang artinya, ‘talang ini diperbaharui pelayan dua tanah suci, Fahd bin Abdul aziz Al Sa’ud, Raja Arab Saudi’. Usai berthawaf, jemaah haji atau umrah biasanya menyempatkan diri berlama-lama memanjatkan doa di sini.

4. Di dalam Ka’bah

Bagi kamu yang ingin masuk masuk ke dalam Ka’bah, butuh perjuangan yang panjang. Hanya ada beberapa orang yang bisa mengakses area ini. Di Indonesia sendiri, baru ada beberapa orang yang berhasil masuk. Misalnya Presiden Soeharto, Presiden SBY. Rasullah SAW sendiri pernah membawa Aisyah ra ke Hijir Ismail saat Aisyah meminta izin salat di dalam Ka’bah. Saat itu, Rasullah SAW bersabda, “salatlah di sini kalau ingin salat di dalam Ka’bah, karena ini termasuk bagian dari Ka’bah”.

5. Sumur Zamzam

Sumur zamzam merupakan sumur yang terletak 21 meter dari Ka’bah berada. Sumur yang airnya selalu dicari oleh setiap jamaah ini menghasilkan 11-18,5 liter setiap detik. Kedalamannya mencapai 30 meter dan terbagi dalam tiga bagian, dari arah bukit Shafa, dari arah Ka’bah dan dari arah bukit.

Saat kamu berada di sumur ini, minumlah air zamzam dengan diawali memabaca bismillah dan posisi duduk. Setelah itu berdoalah kepada Allah. Setelah itu, minumlah air zamzam dalam tiga kali tegukan. Tegukan pertama ucapkanlah doa agar diberikan ketetapan dan kemantapan iman. Tegukan kedua, mintalah agar kamu dianugerahi ilmu pengetahuan. Tegukan ketiga, mintalah agar kamu bisa mendapatkan rezeki halal yang memuaskan.

6. Di bukit Shafa

Shafa merupakan bukit yang letaknya dekat dengan Ka’bah. Kamu bisa ke bukit ini saat kamu masuk dibagian Masjidil Haram. Dibukit inilah titik awal kamu akan awal melaksanakan sa’i.

7. Di bukit Marwah

Marwah bagian bukit yang masuk Masjidil Haram. Marwah merupakan titik akhir dilaksanakannya sa’i.

8. Saat melakukan sa’i

Sa’i adalah berjalan sebanyak 7 kali putaran antara bukit Shafa dan Marwah. Sa’i dilakukan setelah kamu melaksanakan thawaf, dimulai dari bukit Shafa dan diakhiri di bukit Marwah. Saat melaksanakan Sa’i kamu bisa berdoa sesuai kemampuan, dan banyak membaca istigfar. Karena tidak ada bacaan wajib saat melaksanakan Sa’i, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk berdoa atas apa yang kamu inginkan.

9. Di belakang Maqam Ibrahim

Lokasi makam Ibrahim terletak tidak jauh dari Ka’bah. Tepatnya 3 meter dari depan Ka’bah. Tidak jauh dari multazam. Saat kamu selesai melaksanakan thawaf tujuh putaran dan berdoa sejenak di Multazam, shalatlah di belakang maqam Ibrahim. Sebab ini dihukumi sunnah.

10. Di Arafah

Saat wukuf di Arafah biasanya berlangsung dari dzuhur sampai terbenamnya matahari. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk memanjatkan doa-doa yang sudah kamu siapkan.

11. Muzdalifah

Musdalifah merupakan kawasan terbuka. Terletak antara Mina dan Arafah. Lokasinya sendri berada 10 km dari Mekah. Muzdalifah panjangnya kurang dari 4 km, berada pada satu wilayah sempit antara dua gunung yang berdekatan setelah Arafah. Di tempat inilah kamu akan bermalam. Selama bermalam di Musdalifah, jangan sampai terlupa untuk berdoa. Sebab di sini merupakan salah satu tempat yang diijabah oleh Allah.

12. Mina

Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekitar 5 kilometer sebelah Timur kota Mekkah, Arab Saudi. Kawasan berbukit yang panjangnya mencapai 3-5 km. Bagi kamu yang berhaji, biasanya akan sudah berada di Mina pada tanggal tanggal 8 Dzulhijah atau sehari sebelum wukuf di Arafah.

13. Saat selesai melempar jumroh

Bagi kamu yang sudah selesai melempar jumroh Ula, Wastha, dan Aqabah, selalu ingat untuk berdoa.

Nah itulah 15 tempat-tempat yang diijabah oleh Allah. Jika kamu melakukan haji atau umroh, selalu usahakan untuk melakukan cek list tempat mana yang sudah kamu kunjungi. Dan jangan sampai terlewat ya.