Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Tips

Pertama Kali Umroh? Ini Tips yang Harus Dilakukan

Foto-1-Tips-Saat-Umrah-Pertama-Kali

Sahabat InfoHaji, di tahun yang baru ini melakukan perubahan ke arah yang lebih baik tentu menjadi sebuah harapan yang ingin terpenuhi. Salah satunya adalah perubahan dalam hal ibadah. Selain meningkatkan keimanan dengan melaksanakan kewajiban sholat 5 waktu tanpa bolong, melakukan perjalanan spiritual pun tentu ingin dilakukan. Salah satunya, melakukan perjalanan Umroh.

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin melakukan perjalanan Umroh, berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti agar perjalanan umroh berjalan lancar.

1. Meluruskan Niat

Untuk melakukan perjalanan umroh, niat tentu sangat diperlukan agar ibadah dapat berjalan dengan lancar nantinya. Niatkan ibadah semata-mata hanya karena Allah SWT. Hilangkan jauh-jauh pemikiran beribadah hanya untuk riya, memamerkan di media sosial atau berbelanja banyak oleh-oleh.

Pastikan ibadah yang dilakukan penuh dengan niat serta keikhlasan dan pasrah hanya kepada Allah SWT.

2. Persiapan Fisik

Karena umroh merupakan ibadah yang cukup memerlukan tenaga, mempersiapkan kondisi fisik menjadi hal yang sangat penting. Sebelum berangkat, cobalah sering berolahraga dengan berjalan kaki atau jogging dengan teratur agar fisik terbiasa nantinya.

3. Mempersiapkan Ilmu

Tidak hanya persiapan fisik, mempersiapkan ilmu yang cukup juga wajib Anda pelajari agar ibadah menjadi maksimal serta mendapat pahala yang optimal. Mulailah untuk mencari informasi seputar ibadah umroh melalui artikel, buku, melalui Al-Qur’an, bertanya pada orang lain yang sudah berangkat terlebih dahulu atau pada pemuka agama di sekitar agar memiliki bekal dan informasi cukup sebelum berangkat.

4. Mempersiapkan Waktu

Meskipun umroh bisa dilakukan kapan saja, Anda tetap harus menentukan kapan waktu yang tepat untuk berangkat agar ibadah bisa berjalan nyaman dan lancar. Pastikan Anda tahu musim-musim yang terngah terjadi di Tanah Suci. Musim panas, biasanya akan terjadi antara bulan Juni – Agustus dengan temperatur mencapai 45°C. Sedangkan saat musim dingin, antara bulan November – Februari dengan temperatur pada malam hari bisa mencapai 8°C, sedangkan pada siang hari berkisar antara 38°C – 42°C.

Jika Anda alergi dengan salah satu musim, anda bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk berangkat. Selain itu, jika ingin mengurangi biaya umroh, hindarilah berangkat saat musim liburan atau saat Ramadan karena biaya yang dikeluarkan bisa membengkak.

5. Membawa Perbekalan dan Perlengkapan yang Cukup

Melakukan ibadah umroh tidak bisa sembarang membawa perlengkapan. Untuk Anda yang baru pertama kali berangkat, baiknya perhatikan apa saja perlengkapan yang harus dibawa. Bawalah perlengkapan seperti pakaian ihram, sandal/sepatu, kaus/sarung tangan dan kaus kaki, kerudung panjang atau lebar, face moisturizer, hand and body lotion, pakaian sehari-hari dan pakaian tidur secukupnya, mukena, sajadah, Al-Qur’an, obat-obatan dan multivitamin, pembalut serta panty liner untuk wanita dan keperluan pribadi lainnya seperti handphone, charger dan kamera.

Persiapkan semuanya sendiri, jangan mencoba meminta bantuan pada asisten rumah tangga untuk memastikan tidak ada keperluan yang tertinggal.

6. Membawa Uang Secukupnya

Tujuan berkunjung ke tanah suci yang utama adalah untuk beribadah bukan untuk membeli oleh-oleh khas tanah suci. Maka, persiapkan saja uang secukupnya. Jangan membawa uang yang berlebih. Selain untuk menghindari pemborosan, ini juga bertujuan untuk menghindari Anda dari korban kejahatan. Ikutilah juga saran-saran yang diberitahukan oleh para pembimbing saat beribadah di tanah suci agar ibadahmu lancar.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu Anda beribadah umroh dengan lancar. Selamat melakukan wisata religi ke rumah Allah Sahabat.