Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Tips

Perjalanan Ibadah Haji

perjalanan ibadah haji

Enam Tips Agar Perjalanan Ibadah Haji Anda Berjalan Lancar

Calon Jamaah Haji dari Indonesia sebentar lagi akan bertolak ke Tanah Suci untuk menjalankan salah satu rukun islam yang ke lima yaitu ibadah haji. Mungkin Anda salah satu dari mereka yang beruntung, yang diberikan izin oleh Allah SWT untuk berkunjung dan menjadi tamu-Nya. Menjelang keberangkatan, Anda pasti disibukan dengan berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan manasik, menyiapkan dokumen-dokumen penting yang harus dibawa dan membereskan barang-barang yang akan digunakan di Tanah Suci selama kurang lebih dua bulan lamanya, bagi haji reguler. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan agar perjalanan ibadah haji Anda dapat berjalan dengan lancar:

Siapkan Barang-Barang yang Akan Dibawa

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Barang-barang yang wajib dibawa seperti; pakaian ihram, alat mandi, handuk, dan lain sebagainya. Dan yang harus Anda ingat adalah bahwa barang bawaan yang dibawa tidak boleh melebihi batas maksimum. Batas maksimumnya kurang lebih 32 kg. Ikutilah segala ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh maskapai penerbangan, hal ini dilakukan semata-mata demi keselamatan Anda, bukan untuk mempersulit Anda.

Memisahkan Barang-Barang yang Memang Anda Butuhkan Saat di Pesawat

Penting bagi Anda untuk memisahkan barang-barang yang akan Anda butuhkan selama di pesawat. Berikut ini adalah beberapa barang yang Anda perlukan selama di pesawat; handuk kecil, mukena, jaket dan barang-barang lain yang memang Anda butuhkan. Barang-barang tersebut kemudian dimasukan kedalam tas kecil.

Ingat! Hindari membawa barang berlebihan, karena Anda membutuhkan waktu 8-9 jam untuk bisa sampai ke Arab Saudi. Tidak mungkin Anda harus memangku barang bawaan Anda karena tidak muat untuk dimasukan ke headrack.

Masukan Dokumen-Dokumen Penting kedalam Tas Kecil

Siapkan dan masukan dokumen-dokumen penting seperti boarding pass, paspor, dan buku kesehatan kedalam tas kecil yang dikalungkan dileher. Hal diperlukan untuk mempermudah Anda ketika ada pemeriksaaan.

Mengetahui Beberapa Hal yang Tidak Diperbolehkan Selama di Pesawat

Ketika Anda berpergian dengan menggunakan pesawat terbang, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pihak penerbangan memberlakukan beberapa kebijakan yang dapat mendukung keselamatan penumpang salama menaiki pesawat. Selama di pesawat Anda tidak diperbolehkan menggunakan alat komunikasi apapun, dan diimbau untuk melepaskan baterai dari alat komunikasi karena dikahwatirkan dapat mengganggu sinyal radar pesawat.

Jika Anda berniat membawa cairan kedalam tas yang tidak dimasukan kedalam bagasi, maka Anda harus memastikan bahwa cairan tersebut tidak lebih dari 100 ml. Dalam aturan penerbangan hal tersebut tidak diperbolehkan karena dikhawatirkan ada yang membawa cairan tertentu yang bisa membahayakan penerbangan ataupun orang lain (penumpang).

Dan tidak diperbolehkan membawa barang-barang yang dapat mengganggu keselamatan, seperti senjata tajam; paku, gunting, pisau, dan lain-lain.

Gunakan Gelang Identitas dan Ikuti Seluruh Intruksi dari Petugas Pelayanan Haji

Gelang haji merupakan gelang yang digunakan oleh seluruh jamaah haji Indonesia, sebagai identitas.  Gelang tersebut wajib dikenakan oleh seluruh jamaah haji untuk mengenali jamaah haji jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi simpan baik-baik gelang identitas yang Anda dapat dari petugas haji karena hal itu sangat penting.

Dan ikuti seluruh intruksi dari petugas pelayanan haji dengan baik, karena itu semua juga demi kenyamanan dan keamanan Anda saat melakukan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

[sam id=”1″ codes=”true”]