Home » Arsip » Perjalanan Haji dan Umroh
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Zam-zam

Mulai dari Rp. 30.000

Beli
Kurma

Mulai dari Rp. 13.000

Beli
Oleh-oleh Haji

Mulai dari Rp. 17.000

Beli
Artikel Tips

Perjalanan Haji dan Umroh

perjalana haji dan umroh

Tips Aman dan Nyaman di Pesawat Selama Perjalanan Haji dan Umroh

“لبيك اللهم لبيك .. لبيك لا شريك لك لبيك .. إن الحمد والنعمة لك والملك لا شريك لك “

Alhamdulillah, keberangkatan para calon jamaah haji dari Indonesia menuju Tanah Suci tinggal beberapa minggu lagi. Mereka semua akan berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan rukun islam yang kelima, yaitu ibadah haji. Dalam perjalanannya, mereka akan menghabiskan kurang lebih selama sembilan (9) jam di dalam pesawat. Kurun waktu sembilan (9) jam bukanlah waktu yang sedikit, apalagi bagi jamaah haji yang baru pertama kali naik pesawat. Bagi jamaah haji yang baru pertama kali naik pesawat, mungkin akan mengalami kecemasan dan ketakutan. Hal itu memang wajar dialami oleh mereka yang baru pertama kali naik pesawat. Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda merasa nyaman dan aman saat berada di dalam pesawat selama perjalanan haji dan umroh:

Buat Tempat Duduk Anda Senyaman Mungkin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat tempat duduk Anda senyaman mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membersihkan tempat duduk dari barang-barang yang akan menganggu kenyamanan duduk Anda. Saat Anda berpergian dengan pesawat, dianjurkan untuk membawa barang bawaan secukupnya kedalam kabin pesawat. Perjalanan dari Tanah Air ke Tanah Suci membutuhkan waktu 9 jam, dan tidak mungkin bagi Anda untuk memangku barang bawaan karena tidak muat untuk dimasukan kedalam headrack. 

Jadi, Anda cukup membawa barang-barang yang menurut Anda penting dan akan dibutuhkan selama di dalam pesawat. Kemudian masukan barang-barang tersebut ke dalam tas kecil, agar bisa dimasukan kedalam headrack. Dengan begitu, Anda bisa duduk dengan nyaman dan merasa aman berada di dalam pesawat selama perjalanan ibadah haji dan umroh.

Menarik Penutup Jendela Pesawat Saat Take Off dan Landing

Bagi mereka yang takut akan ketinggian, disarankan untuk manarik penutup jendela pesawat baik itu saat take off (lepas landas) atau saat landing (mendarat). Karena melihat ke luar jendela pesawat saat take off ataupun landing dapat meningkatkan rasa takut dan cemas, terutama bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat dan takut akan ketinggian. Apabila keadaan pesawat telah stabil, barulah Anda bisa membuka penutup jendela dan menikmati pemandangan di luar.

Hindari Minuman Berkafein! Anda Cukup Mengonsumsi Air dan Makanan Secukupnya Selama di Dalam Pesawat

Selama di dalam pesawat, Anda disarankan untuk tidak meminum minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi. Karena kedua minuman tersebut dapat meningkatkan rasa cemas. Anda lebih baik minum jus atau air mineral untuk mencegah dehidrasi di dalam pesawat. Dan Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan, karena perjalanan dari Tanah Air ke Tanah Suci cuku lama dan akan membuat Anda mudah lelah dan Lapar. Mengonsumsi makanan dan air yang cukup selama di dalam pesawat akan membuat Anda tetap bugar saat tiba di Bandara Jeddah atau Madinah.

Gunakanlah Waktu untuk Tidur Secara Cukup dan Cermat

Memanfaatkan dan menggunakan waktu untuk tidur selama di pesawat memang disarankan. Akan tetapi menghabiskan waktu dengan tidur berlebih selama di dalam pesawat tidaklah baik. Selain berdampak pada kesehatan Anda, tidur berlebihan juga akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh Anda. Jadi pergunakanlah waktu tidur Anda selama di dalam pesawat secara bijak dan cermat.

Berkenalan dan Mengobrol dengan Penumpang Lain Disekitar Tempat Duduk Anda

Mengahabiskan waktu selama sembilan (9) jam di dalam pesawat cukup membuat Anda jenuh. Untuk menghindari kejenuhan tersebut, Anda bisa mensiasatinya dengan berkenalan dan mengobrol dengan penumpang lain disekitar tempat duduk Anda. Pada umumnya, pesawat yang melayani penerbangan haji tidak menyediakan layanan hiburan. Dengan mengobrol dan berdiskusi dengan teman sekitar kursi pesawat akan mengurangi kebosanan.

Tayamum Ketika Hendak Sholat

Apabila tiba waktunya untuk shalat, maka Anda disarankan untuk mengganti wudhu dengan tayamum. Karena persedian air di dalam pesawat sangat terbatas dan tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan air tersebut untuk berwudhu. Dan sholat dilakukan dengan cara duduk di kursi pesawat.

Diam di Tempat Duduk dan Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Selama berada di dalam pesawat, Anda diharuskan untuk diam di tempat duduk dan selalu memakai sabuk pengaman. Jadi apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, Anda tetap dalam kedaan aman.Sebelum pesawat melakukan penerbangan, pihak-pihak tertentu dari maskapai penerbangan telah melakukan riset dan menentukan rute penerbangan berdasarkan data yang mendukung keselamatan penerbangan. Seperti data ketinggian dan cuaca, yang akan menentukan apakah pesawat tersebut bisa terbang tau tidak. Akan tetapi data tersebut bisa saja berubah karena faktor bawaan dari alam itu sendiri. Seperti halnya cuaca yang senantiasa berubah dan seringkali mengakibatkan pergolakan yang tidak terduga. Dengan tetap memakai sabuk pengaman maka perlindungan ekstra akan menjaga Anda.

Berdoa dan Ikuti Semua Arahan Awak Kabin

Sebelum berangkat, berdoalah terlebih dahulu. Berdoa untuk keselamatan selama di perjalanan dan berdoa untuk kelancaran selama melaksanakan ibadah haji atau umroh. Dan hal penting lainnnya, adalah mendengarkan dan mengikuti semua arahan dari awak kabin pesawat, karena mereka lebih tahu apa yang terbaik bagi kita selama berada di dalam pesawat.

Demikian tips aman dan nyaman di pesawat selama perjalanan haji dan umroh. Semoga bermanfaat! Bagi Anda yang akan segera bertolak ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji atau umroh, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT dan di berikan kelancaran dan keselamatan selama menjalankannya.

اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن (Amin Ya Rabbal ‘Alamin).

Wallahu’alam bi shawab.