Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah

Penjual Sayur Ini Berhasil Naik Haji Setelah Menabung Lima Ribu Per Hari, Anda Juga Bisa!

Kisah inspiratif masih terus berdatangan di musim haji 2018. Memenuhi panggilan Allah menjadi impian seluruh umat Muslim di dunia. Namun, masih ada di antara kita yang belum siap berhaji karena berbagai alasan. Nah, kisah inspiratif berikut bisa dijadikan semangat untuk segera memantapkan hati beribadah ke Tanah Suci.

Kali ini, inspirasi datang dari penjual sayur yang menjadi calon jemaah haji dengan menabung lima ribu hingga sepuluh ribu per hari.

Penjual sayur tersebut bernama Nenek Munaah asal Mataram. Sudah sejak lama ia ingin beribadah ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Namun sayang, kondisi ekonomi yang serba pas-pasan menuntut Nenek Munaah lebih sabar dalam berdoa dan berusaha hingga mimpi tersebut jadi kenyataan.

Setelah menabung selama lima belas tahun, doa dan usaha Nenek Munaah terbayar sudah. Ia terdaftar sebagai calon jemaah haji yang berangkat lewat embarkasi Lombok. Memang, tak mudah jalan yang harus dilaluinya, namun dengan kemantapan niat dan kegigihannya Nenek Munaah mampu mewujudkan mimpi untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

Man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. Berikut tip menjaga disiplin menabung seperti Nenek Munaah:

  1. Setiap terima uang, langsung ditabung terlebih dahulu. Jangan menyisihkan tabungan, tapi prioritaskan agar menjadi keutamaan.
  2. Siapkan tempat khusus untuk tabungan haji dan umrah, bedakan menurut pos-posnya.
  3. Tambah pemasukan dan kurangi pengeluaran.
  4. Memulai berinvestasi, biarkan uang ‘bekerja’ untuk kamu.
  5. Kurangi atau hilangkan utang, termasuk pemakaian kartu kredit. Pikirlah seribu kali jika akan mengajukan utang.

Itulah tip disiplin menabung yang bisa dilakukan untuk menyiapkan dana haji dan umrah sedini mungkin. Semoga berhasil!