Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

Pasar Ukaz, Pasarnya Bangsa Arab Yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Utama

Jika Anda hendak menunaikan ibadah haji atau umroh, pastikan Anda tidak melewatkan destinasi yang satu ini. Ya, dia adalah Pasar Ukaz. Pasar yang terletak diantara Thaif dan Makkah, tepatnya di kota Al-Athdia, pasar ini merupakan saksi bisu yang banyak menyimpan bukti peninggalan sejarah berkembangnya Agama Islam.

Ukaz sendiri merupakan pasar kuno yang paling terkenal di Semenanjung Arabia. Nama tersebut diambil dari apa yang dikerjakan orang Arab di tempat tersebut. Di sinilah biasanya para penduduk setempat berlomba untuk bisa memamerkan prestasi dan hal-hal seputar nenek moyang mereka.

01

Sumber: sauditourism.sa

Pasar tersebut tercatat untuk pertama kalinya pada 500 Sebelum Masehi. Kemasyhuran Pasar Ukaz sendiri melebihi pasar lainnya. Tidak hanya kemasyhurannya, tapi juga mulai dari kemegahan, hubungan dagang, manifestasi syair, kesukuan dan dikunjungi oleh banyak suku. Mulai dari suku Quraisy, Hawazin, Ghatafan, Aslam, Ahabish, Adl, ad-Dish, al-Haya dan al-Mustaliq.

Pada saat itu, pasar Ukaz tidak dibuka setiap waktu. Biasanya hanya diadakan satu tahun sekali, sekira tanggal 15-30 Dzu al-Qa’dah. Di pasar ini para pedagang akan membawa barang dagangannya mulai dari permadani, tenda, bulu domba, tembikar, peralatan, perhiasan, parfum, hasil bumi dan rempah-rempah dengan menggunakan akomodasi unta atau keledai.

Mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada yang berbeda dengan pasar lainnya yang juga menjadikan pasar sebagai tempat kegiatan terjadinya jual-beli. Sayang, hal ini tidak berlaku di Pasar Ukaz. Sebab di sini juga diadakan berbagai pertunjukan baik syair maupun nyanyian. Para penyair dan penyanyi datang ke Ukaz untuk berpartisipasi dalam lomba syair dan nyanyian tersebut.

02

Sumber: makkah-now.com

Menurut salah satu sumber, Nabi Muhammad s.a.w. sendiri mengunjungi pasar ini sebanyak tujuh kali dan mencoba untuk menjelaskan kepada orang Arab tentang Islam dipasar tersebut.

Pasar yang berakhir sampai 760 Sesudah Masehi ini kemudian dicoba untuk diidentifikasi kembali. Adalah King Faisal ibn Abdul Aziz meminta kepada para ahli dan ilmuwan untuk mengidentifikasi lokasi dari Ukaz, dengan mencari kembali catatan kuno dan dokumen sejarah yang akhirnya diputuskan lokasinya di dekat Taif ditempat yang dikenal Al-Athdia.

03

Sumber: makkah-now.com

Akhirnya setelah 1300 tahun, pasar tersebut dioperasikan kembali dan diresmikan oleh Gubernur Makkah, Pangeran Khalid Al-Faisal, putra Raja Faisal. Dan dipasar ini, Anda bisa menjumpai penjualan bermacam-macam barang dan bahan, baik tradisional maupun modern. Di tempat tersebut juga terdapat tulisan syair Arab kuno dalam emas dan diperuntukkan untuk pengunjung untuk melihatnya. dan diramaikan oleh penyanyi Arab terkenal.