Home » Arsip » Oleh-Oleh Haji
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Zam-zam

Mulai dari Rp. 30.000

Beli
Kurma

Mulai dari Rp. 13.000

Beli
Oleh-oleh Haji

Mulai dari Rp. 17.000

Beli
Tips

Oleh-Oleh Haji

oleh-oleh haji

Lima Tips Membeli Oleh-Oleh Haji

Membeli dan menyiapkan oleh-oleh haji untuk keluarga dan kerabat yang ditinggalkan selama menunaikan ibadah haji atau umroh, seakan-akan sudah menjadi kegiatan wajib yang dilakukan oleh jamaah haji. Mereka berbondong-bondong  mendatangi beberapa pusat perbelanjaan yang ada di kota Mekkah, untuk membeli oleh-oleh haji bagi keluarga dan kerabat yang mereka tinggalkan di Tanah Air.

Ketika hendak membeli oleh-oleh haji, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh jamaah haji. Salah satunya adalah bagasi. Kuota bagasi jamaah haji yang diperbolehkan adalah 20-30 kg saja. Jadi, para jamaah haji yang akan memebeli oleh-oleh haji, perlu bersikap bijak dalam membeli oleh-oleh tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips membeli oleh-oleh haji, yang akan membantu Anda untuk menjadi pembeli yang bijak ketika membeli oleh-oleh haji di Tanah Suci. Berikut Tipsnya;

Buatlah Daftar Perencanaan Belanja

Membuat daftar perencanaan belanja sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan membantu Anda, untuk membeli sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Perkirankanlah berapa orang yang akan menerima oleh-oleh haji tersebut. Kemudian buatlah daftar barang atau makanan yang hendak Anda beli.

Ingat! Belilah barang-barang yang memang hanya bisa ditemui dan didapatkan di Tanah Suci. Hindarilah, membeli barang-barang yang memang mudah di dapatkan di Indonesia. Hal ini akan membatu Anda, untuk menghemat space bagasi Anda, sehinggah tidak overload. 

Tentukan Pilihan! Beli di Tanah Suci atau di Tanah Air?

Penting juga bagi Anda, untuk menentukan dimana Anda akan membeli oleh-oleh haji yang hendak Anda bagikan kepada keluarga dan kerabat. Apakah Anda akan membelinya di Tanah Suci atau di Tanah Air?

Untuk souvenir yang sifatnya langka dan hanya bisa didapatkan di Tanah Suci, sebaiknya Anda membelinya langsung disana. Dang ingat! Pilihlah souvenir yang tidak memberatkan Anda saat dibawa dalam perjalanan. Dan untuk makanan, sebaiknya Anda membelinya di Tanah Air. Sekarang ini, makanan khas dari Tanah Suci mudah ditemui di Indonesia. Banyak toko oleh-oleh haji yang menjual makanan dan oleh-oleh khas dari Tanah Suci.

Siapkan Uang Riyal Untuk Transaksi di Tanah Suci

Uang adalah salah satu hal penting ketika Anda akan membeli sesuatu. Tanpa uang maka Anda tidak akan bisa meperoleh barang yang Anda inginkan. Uang yang digunakan untuk transaksi di Tanah Suci adalah reyal. Jadi sebelum Anda bertolak ke Tanah Suci, sebaiknya Anda menukarkan uang rupiah Anda kedalam bentuk reyal. Hal ini akan membantu Anda, ketika Anda sampai di Tanah Suci. Sesampainya disana, Anda tidak perlu repot-repot mencari money changer, sehingga Anda bisa lebih fokus pada ibadah haji atau umroh.

Tentukan Waktu Belanja Anda! Jangan Mengganggu Waktu Ibadah

Menentukan waktu yang pas untuk belanja oleh-oleh haji sangatlah penting. Jangan sampai waktu ibadah Anda di Tanah Suci terganggu dan digunakan untuk membeli oleh-oleh haji. Apabila waktunya untuk ibadah, pergunakanlah waktu itu untuk beribadah bukan untuk kepentingan lain.

Ingat! Tujuan utama Anda ke Tanah Suci adalah untuk menunaikan ibadah haji atau umroh, bukan untuk belanja. Manfaatkanlah waktu Anda di Tanah Suci untuk beribadah kepada Allah SWT dan mengaharap ridho-Nya. Belanja hanyalah kegiatan lain dari perjalanan Anda selama di Tanah Suci, untuk mengisi waktu luang yang Anda miliki. Belanja bisa dilakukan setelah Anda selesai menjalankan semua ritual ibadah haji atau umroh.

Belanjalah Dengan Bijak!

Cobalah menjadi pembeli yang bijak. Bijak dalam menentukan barang-barang yang akan Anda beli; apakah barang tersebut bersifat useful atau tidak? Hindari pembelian barang yang memang tidak ada manfaatnya sama sekali. Bijaklah dalam menentukan waktu; kapan waktu yang tepat untuk membeli oleh-oleh haji tersebut. Dan belanjalah sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Supaya Anda bisa lebih fokus pada Ibadah haji dan umroh yang akan Anda jalankan. Kini, untuk membeli oleh-oleh haji, Anda tidak perlu repot membelinya langsung dari Tanah Suci. Di Indonesia, makanan dan souvenir khas dari Tanah Suci, bisa Anda temukan dengan mudah. Anda cukup mendatangi toko oleh-oleh haji atau online store yang menjual makanan dan souvenir khas dari Tanah Suci.

Demikian lima tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli oleh-oleh haji. Semoga bermanfaat.

Kurma Ajwa

Mulai dari Rp. 120.000

Beli
Zam-zam

Mulai dari Rp. 30.000

Beli
Kismis

Mulai dari Rp. 27.000

Beli