Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah

Mau Umroh Ala Backpacker? Ini yang Harus Dipersiapkan

umroh-backpacker

Umroh memang menjadi salah satu alternatif umat muslim untuk bisa beribadah ke Tanah Suci. Mengingat umroh bisa pergi kapan saja, tanpa harus antre bertahun-tahun seperti ibadah haji, alias lebih fleksibel waktunya. Biayanya pun sedikit lebih murah dibandingkan dengan biaya Haji. Namun, meski sudah dengan biaya yang lebih murah, tidak semua orang bisa membayar biaya umroh yang ditawarkan agen travel. Lantas apa yang harus dilakukan?

Coba saja dengan Umroh backpacker. Dengan biaya yang jauh lebih minim tentu Anda sudah bisa berangkat umroh. Namun, tentunya banyak hal yang harus Anda persiapkan dengan lebih matang. Mengingat semua harus dipersiapkan sendiri, tentu Anda tidak bisa sembarang melakukan perjalanan. Buat sahabat yang ingin mencoba melakukan Umroh backpacker, Info haji punya tipsnya untuk Anda.

1. Waktu keberangkatan

Waktu merupakan faktor paling penting ketika merencanakan sebuah perjalanan liburan. Semua kepentingan mulai dari tiket pesawat, visa, cuaca, dan lain-lain tergantung jadwal keberangkatan. Waktu pendaftaran visa umroh dibuka hanya pada bulan Shafar hingga Ramadan (terhitung sekitar 8 bulan efektif).

Waktu juga bisa sebagai patokan untuk menghindari high season pada bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadan. Suhu di Arab saudi juga harus diperhatikan dengan matang, cuaca bersahabat biasanya pada Februari hingga Mei.

2. Pengurusan Paspor dan Visa

Agar bisa melaksanakan ibadah Umroh dengan lancar, maka Anda perlu mempersiapkan paspor dan visa terlebih dahulu.

Bagaimana cara agar bisa mengurus paspor dan visa dengan murah?

Untuk paspor, Anda bisa mengajukannya secara online sehingga Anda hanya perlu ke kantor imigrasi untuk pengambilan foto.

Sedangkan untuk visa perjalanan umroh, Kerajaan Arab biasanya menunjuk agen travel. Anda bisa mangajukannya pada beberapa travel agent langganan Anda tanpa harus menggunakan jasa perjalanan mereka. Biaya untuk pembuatan ini kurang lebih US$100 tergantung agen travel yang Anda gunakan.

Namun, harga pembuatan visa ini dapat berubah-ubah tergantung kapan Anda pergi, harga pada high season tentunya akan lebih mahal.

Agar murah meriah, hindari menggunakan jasa pembuatan instan atau calo. Dengan demikian, Anda bisa berangkat dengan tenang dan tentunya lebih murah.

3. Tiket pesawat

Tiket pesawat ini menjadi patokan penting kapan Anda akan berangkat. Memesan tiket pesawat jauh hari, bisa membuatmu mendapatkan harga murah. Selain itu, jenis maskapai juga menentukan seberapa murah tiket pesawat. Jangan malas-malas untuk update info menarik seputar tiket promo.

Siasati saja dengan berpergian terlebih dahulu ke negara minoritas muslim yang dekat Jeddah atau Madinah. Bisa juga ke negara tetangga yang tak perlu mengurus visa lagi, seperti Singapura, Filipina, Thailand, Laos, atau Myanmar.

4. Mencari Akomodasi yang Terjangkau

Langkah keempat adalah mempersiapkan akomodasi, dan tentunya disarankan mempersiapkannya saat masih berada di Tanah Air.

Disini, Anda bisa membandingkan harga dengan tenang sehingga sesampainya di Jeddah Anda bisa langsung check in tanpa perlu pusing lagi.

Tetapi jangan lupa untuk mencari hotel yang terjangkau ya!

Caranya adalah dengan memilih hotel yang tidak terlalu mewah namun baru dan bersih. Dengan demikian, akan sepadan dengan harganya. Jangan mementingkan murah namun mengurangi kenyamanan Anda.

Tips kedua dalam akomodasi adalah memilih penginapan atau hotel yang tidak terlalu dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Karena semakin dekat jaraknya, harga penginapan semakin mahal.

Untuk memperoleh harga ala backpacker, Anda bisa mencari penginapan murah yang lokasinya agak jauh namun tetap bisa dijangkau dengan kendaraan tertentu dan tidak menghabiskan banyak waktu

5. Jangan Pergi Sendirian

Bagi para umrah backpacker, penting untuk tetap berbagi “biaya” dengan orang lain. Ini meliputi biaya makan, transportasi, hingga akomodasi berupa penginapan. Adapun bepergian secara berkelompok membantu meminimalkan risiko tersesat saat pergi ke Tanah Suci.

Anda dapat mencari rekan seperjalanan melalui forum atau komunitas umroh backpacker. Teman seperjalanan tidak hanya membuat Anda lebih tenang selama perjalanan ibadah, tetapi juga dapat saling membantu selama berada di tanah suci.