Home » Arsip » Mau Naik Haji? 5 Cara Ini Bisa Bantu Anda Menabung Dana Haji
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Artikel Informasi Penting Tips

Mau Naik Haji? 5 Cara Ini Bisa Bantu Anda Menabung Dana Haji

Utama

Mau naik haji? Apakah Anda sudah menabung? Perlu Anda ketahui bahwa dana untuk naik Anda bisa berhaji bisa dikatakan cukup tinggi. Jika Anda tidak segera menabung dana haji, bisa dipastikan kesempatan Anda ke tanah suci bakalan kecil.

Apalagi waktu antrean haji saat ini terus meningkat. Dari yang awalnya 5 tahun, menjadi 10 tahun. Bahkan terakhir kali ada yang harus menunggu sampai 15 tahun. Wah, kebayang kan kalau Anda terus menunda untuk menabung artinya juga menunda keberangkatan? Jika Anda baru mendaftar di usia 50 tahun, bisa-bisa Anda baru berangkat di usia yang hampir mendekati kepala 70. Sementara di Indonesia, usia harapan hidupnya rata-rata di usia 68 tahun. Itu pun jika diusia ini kondisi badan masih sehat, tenaga masih kuat, dan secara medis diperbolehkan untuk berangkat.

Pasti Anda tidak mau kan, jika panggilan kematian lebih dulu disbanding panggilan haji. Jadi, ada baiknya Anda menabung dari sekarang, sehingga Anda bisa mempercepat mimpi untuk pergi ke Tanah Suci.

1. Tahan Godaan Belanja

1

Sumber: CoolStuff

Bagi Anda yang ingin berhaji, sebaiknya Anda lebih banyak menahan keingin Anda untuk berbelanja. Sebaiknya Anda juga menahan diri Anda untuk mendatangi mall-mall. Perbanyaklah aktivitas Anda dalam kerja atau aktivitas sosial. Hal ini akan bisa mengalihkan Anda untuk berbelanja.

2. Sediakan Celengan

2

Sumber: IDN Time

Bagi Anda yang belum terbiasa menabung di bank, ada baiknya Anda menyiapkan celengan. Tidak hanya di rumah, Anda juga bisa mencoba untuk menyediakan celengan di kantor bahkan di mobil kesayangan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mengingat tujuan utama, yaitu pergi ke tanah suci.

3. Hindari Hangout Bersama Teman

3e

Sumber: IDN Time

Bagi Anda yang terbiasa hidup di kota pasti sangat familiar dengan istilah biaya sosial. Seperti yang Anda tahu, biaya sosial di kota-kota besar sangatlah tinggi. Seperti di Jakarta.Untuk sekali hangout, dan ngopi di Jakarta, Anda bisa menghabiskan 50 ribu untuk secangkir kopi. Jika Anda rutin ngopi setiap hari, dalam sebulan Anda bisa mengeluarkan uang sedikitnya 1,5 juta dalam sebulan atau 18 juta dalam setahun. Bayangkan jika dana ini Anda serap untuk menambah dana haji. Mungkin kurang dari 2 tahun, Anda sudah bisa mendaftarkan diri ke tanah suci.

4. Alihkan Dana Traveling

4

Sumber: Google

Nah, hari gini siapa sih yang gak ngiler lihat insta story teman yang lagi di Raja Ampat? Atau teman yang lagi pamer liburannya Maldives? Untuk sementara Anda sebaiknya menahan keinginan travelling Anda ke tempat-tempat favorit Anda. Ingat, travelling itu perlu, tapi ke tanah suci adalah tujuan nomor satu. Anda bisa travelling kapan saja, tapi ke tanah suci mungkin hanya sekali selama Anda di dunia. Karena itu, cobalah mengalihkan dana travelling untuk pergi Umrah atau Haji. Dana yang bisa Anda dapatkan dari lemburan atau bonus di kantor ini, akan sangat membantu mempercepat keinginan Anda ke tanah suci. Percaya deh, kalau Anda sudah ke Tanah Suci, ada banyak kesempatan traveling yang mudah Anda jumpai.

5. Cari Tabungan Haji dengan Setoran Awal yang Ringan

5

Sumber: Realestaterph

Bagi Anda yang ingin pergi ke tanah suci, ada baiknya Anda membuka rekening yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya rekening haji. Rekening ini akan sangat membantu Anda. Sebab terkadang, keinginan menabung itu naik turun. Ketika ada keperluan mendadak, dengan mudahnya Anda akan membenarkan alasan untuk memakai dana tersebut. Kenyataannya, dana haji yang Anda simpan terpakai tanpa pernah kembali. Nah, dengan Anda membuka rekening haji, Anda akan terjaga. Karena pihak bank hanya akan mencairkan dana tersebut ketika Anda sudah cukup untuk setor awal. Dan pihak bank pun akan langsung meproses dana tersebut dengan mentransfer ke rekening haji yang ada di Kementerian Agama. Jadi kasarnya, Anda tidak akan pernah diberikan celah untuk menggunakan dana tersebut untuk keperluan selain keperluan haji.

Nah, itulah tips agar Anda bisa meraih mimpi pergi ke tanah suci. Jaid sangat mudah bukan untuk merencanakan keuangan ke tanah suci? Pastinya setelah membaca artikel ini, rasa optimis Anda akan hadir kembali dan pupuk terus niat tersebut sampai Anda berhasil mewujudkannya.