Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

Masjid Ibnu Abbas, Masjid Yang Paling Sering Dijadikan Destinasi Wisata Jamaah Umroh. Ini Sejarahnya

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, biasanya kalau kamu umroh atau haji pasti bawaannya pengen berkunjung ke tempat-tempat bersejarah. Ada baiknya kamu jangan sampai terlewat untuk melakukan kunjungan ke situs religi yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan Masjid Ibnu Abbas.

Saat musim umroh tiba, biasanya masjid ini akan banyak sekali dikunjungi oleh para jamaah. Bahkan tidak sedikit juga para travel agent yang secara rutin mengagendakan untuk bisa berkunjung ke situs religi yang berada di kota Thaif ini.

Nama masjid besar Ibnu Abbas ini dipilih sebagai bentuk penghargaan terhadap Abdullah bin Abbas atau Ibnu Abbas, salah satu sahabat nabi Muhammad SAW yang dibangun pada tahun 592 H. Lokasinya di kota Thaif, sebuah kota yang disebut sebagai rumahnya para raja Arab. Sebenarnya kota ini merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih jamaah yang melakukan perjalanan umroh. Selain indah, Thaif juga punya banyak peninggalan sejarah yang berperan besar terhadap perkembangan Islam, termasuk masjid Ibnu Abbas.

Masjid Ibnu Abbas sendiri berada tepat di samping makam Ibnu Abbas yang letaknya di tempat shalat akhwat atau wanita. Selain Ibnu Abbas, tempat tersebut juga menjadi makam sahabat nabi lainnya yakni Imam Muhammad bin Al Hanafiyah bin Ali bin Abi Thalib.

Lalu, siapa sih sebenarnya Ibnu Abbas itu dan seberapa dekat Ia dengan Nabi Muhammad SAW?

Sahabat yang Sangat Dekat dengan Rasulullah

Ibnu Abbas ialah salah satu sahabat Nabi yang juga punya ikatan saudara dengan Nabi Muhammad SAW. Banyak riwayat mengatakan bahwa kedekatan Rasulullah dengan Ibnu Abbas hampir sama kedekatannya dengan Sayidina Ali.

Satu ketika Ibnu Abbas pernah didekap oleh Rasulullah SAW, kemudian didoakan, “Ya Allah, ajarkanlah kepadanya hikmah.”

Yang dimaksud hikmah adalah pemahaman terhadap Al-Quran. Karena itu tafsir pertama yang diterbitkan adalah Tanwirul Miqbas fi Tafsiri Ibnu Abbas, karya tafsir Ibnu Abbas. Beliau senantiasa mengiringi Nabi. Beliau menyiapkan air untuk wudhu` Nabi. Ketika salat, beliau berjemaah bersama Nabi. Apabila Nabi melakukan perjalanan, ia ikut pergi bersama. Ia juga kerap menghadiri majelis-majelis Nabi. Akibat interaksi yang sedemikian itulah, ia banyak mengingat dan mengambil pelajaran dari setiap perkataan dan perbuatan Nabi.

Sosok yang Cerdas

Ibnu Abbas dikenal sebagai seorang sahabat yang memiliki pengetahuan luas, dan banyak hadis sahih yang diriwayatkan melalui dirinya. Karena kecerdasannya, Ibnu Abbad sangat dihormati banyak orang. Kesungguhannya mencari ilmu pun diabadikan dalam sebuah perpustakaan yang lokasinya tak jauh dari Masjid Ibnu Abbas di Thaif.

Berasal Dari Keluarga Konglomerat

Ibnu Abbas merupakan anak dari keluarga yang kaya dari perdagangan bernama Abbas bin Abdul-Muththalib. Ibunya adalah Ummu al-Fadl Lubaba, yang merupakan wanita kedua yang masuk Islam, mengikuti jejak teman dekatnya Khadijah binti Khuwailid yang istri Rasululah. Ayah Ibnu Abbas dan ayah Nabi Muhammad merupakan bersaudara dari Syaibah bin Hasyim yang lebih dikenal dengan nama Abdul-Muththalib. Ayah orang itu adalah Hasyim bin Abdulmanaf, penerus dari Bani Hasyim klan dari Quraisy yang terkenal di Mekkah. Ibnu Abbas juga memiliki seorang saudara bernama Fadl bin Abbas.

Nah, bagi kamu yang sedang mengagendakan umroh dalam waktu dekat, jangan lupa untuk mampir ke kota Thaif. Apalagi saat Arab Saudi memasuki musim panas, udara di kawasan Thaif akan terasa sejuk. Di sinilah para pangeran, pejabat,dan miliuner Arab Saudi banyak menghabiskan waktu.

Untuk bisa sampai ke kota Thaif, kamu bisa menggunakan mobil dari Mekah. Perjalanan hanya sekitar dua jam. Jalan mendaki dan berkelok memberi keindahan tersendiri. Penasaran kan seperti keindahan Masjid Ibnu Abbas berserta peninggalan-peninggalan bersejarah lainnya di kota Thaif? Yuk singgah ke Thaif dan jadilah saksi keindahan kota dan Masjid megah Ibnu Abbas.