Home » Arsip » Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Kismis

Mulai dari Rp. 27.000

Beli
Buah Tin

Mulai dari Rp. 20.000

Beli
Kacang Pistachio

Mulai dari Rp. 25.000

Beli
Artikel

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

manfaat buah kurma bagi kesehatan

Beberapa Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Buah kurma adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Timur Tengah dan tumbuh subur dengan sempurna ditengah cuaca beriklim panas. Buah ini mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan manusia:

Kandungan Serat Pada Kurma Baik Bagi Kesehatan Usus

Agar kinerja usus dapat berfungsi secara maksimal maka sisa-sisa makanan yang terdapat pada usus haruslah dibersihkan. Serat yang terkandung dalam buah kurma inilah yang dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding usus.

Selain itu, serat yang terkandung pada buah kurma yang belum matang juga berfungsi sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mempelancar sistem pencernaan.

Kalium Pada Kurma Dapat Mencegah Resiko Stroke dan Jantung, Serta Meningkatkan Daya Ingat

Kurma adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kalium. Kandungan kalium yang terdapat pada buah kurma dapat membantu dan menjaga kesehatan jantung seseorang. Funsi dari kalium itu sendiri adalah untuk menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung dan mengatur tekanan darah.

Dengan mengkonsumsi kalium sebanyak 400 mg atau 100 gram perhari, dapat membantu dan mencegah seseorang dari resiko stroke. Kebutuhan kalium tersebut dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi minimal lima butir buah kurma basah setiap hari.

Selain itu, kandungan kalium yang tinggi pada buah kurma juga memiliki peran untuk melancarkan distribusi oksigen ke otak dan memperlancar keseimbangan cairan dalam tubuh yang akan membantu meningkatkan daya ingat dan kerja otak.

Mineral dan Antioksidan Pada Kurma Dapat Mencegah Kanker

Kandungan mineral yang tinggi pada buah kurma, seperti magnesium, sulfur, potassium, kalsium dan boron, dapat membantu pencegahan kanker otak pada manusia. Dengan mengkonsumsi 15 butir buah kurma setiap hari, itu artinya Anda sudah memenuhi kebutuhan magnesium sebanyak 80 % dan kebutuhan sulfur 70 %. Dengan begitu Anda akan terhindar dari resiko kanker otak.

Selain kaya akan mineral, di dalam kurma juga terkandung antioksidan yang mempunyai peranan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Dengan mengkonsusmi buah kurma, secara tidak langsung Anda telah mencegah diri dari resiko berbagai penyakit kanker.

Kurma Sebagai Obat Demam Bedarah

Sebual penilitian menunjukan bahwa buah kurma dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang menderita penyakit demam berdarah. Sejumlah karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa yang tekandung dalam sari kurma mempunyai peranan penting dalam meningkatkan produksi trombosit pada tubuh pasien penderita demam berdarah.

Kurma Dapat Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dan kalsium pada buah kurma mempunyai peranan penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan asam askrobantnya juga baik untuk menjaga ketersedian zat besi dalam tubuh sehingga proses produksi hemoglobin dapat berlangsung dengan baik. Dengan begitu, apabila Anda rajin mengkonsumsi buah kurma maka Anda akan terhindar dari penyakit anemia.

Selain kandungan-kandungan yang sudah disebutkan di atas, buah kurma juga bermanfaat untuk menyembuhkan gatal-gatal, masuk angin, keputihan, sakit perut, sakit kepala dan migrain, membantu meningkatkan kesuburan, hingga menghangatkan tubuh.

Demikian penjelasan tentang manfaat buah kurma bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Kurma Ajwa

Mulai dari Rp. 120.000

Beli
Kurma Naughal

Mulai dari Rp. 23.000

Beli
Kurma Khudori

Mulai dari Rp. 45.000

Beli