Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

LUAR BIASA! Cegah Biro Umroh Nakal, Cek Segera Keberangkatan Umrohmu Dengan SIPATUH

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, ngomongin soal biro umroh, bisa dibilang sedikit mengguncang andrenalin. Pasalnya, kalau kamu lihat ke belakang banyak sekali kasus penipuan berlabel travel umroh. Maraknya penipuan ini menyebabkan kerugian yang luar biasa. Selain gagal berangkat, nilai kerugian sendiri mencapai Rp 2 triliun lebih. Wah, pastinya bukan uang yang sedikit bukan?

Belum lagi saat ini sedikitnya ada 906 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang tercatat di Kemenag. Dan jumlahnya akan terus bertambah, karena pihak Kemenag sendiri memang tidak memberikan batasan. Dari sini saja, kamu bakalan kesulitan membedakan mana biro umroh yang baik dan mana biro umroh yang nakal.

Atas fenomena tersebut, akhirnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) segera ambil user ID password untuk login Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Sipatuh).

Dengan adanya ini, Biro umroh yang dengan sengaja tidak mau menggunakan Sipatuh, dipastikan tidak akan masuk ke dalam sistem Kementrian Agama dan otomatis biro tersebut tidak mempunyai itikad yang baik dengan proses yang sedang Kementrian Agama lakukan.

Apa Tujuan dari Sipatuh?

Hal utama yang melatarbelakangi dibuatnya Sipatuh ini adalah untuk untuk mencegah adanya kasus penipuan oleh travel nakal. Sipatuh dikembangkan untuk memperkuat pengawasan penyelenggaraan umrah di Indonesia dan perluasan cakupan pengawasan sejak pendaftaran sampai kepulangan.

Sistem ini memuat sejumlah informasi, diantaranya: pendaftaran Jamaah umrah, paket perjalanan yang ditawarkan PPIU, harga paket, pemantauan penyediaan tiket yang terintegrasi dengan maskapai penerbangan, dan pemantauan akomodasi yang terintegrasi dengan sistem muassasah di Arab Saudi.

Selain itu, Sipatuh juga memuat alur pemesanan visa yang terintegrasi dengan Kedutaan Besar Saudi Arabia, validasi identitas Jamaah yang terintegrasi dengan Dukcapil, dan Pemantauan keberangkatan dan kepulangan yang terintegrasi dengan imigrasi.

Melaui Sipatuh, Jamaah akan mendapatkan nomor resgistrasi pendaftaran sebagai bukti proses pendaftaran yang dilakukan sesuai peraturan. Artinya, proses akhir pendaftaran adalah keluarnya nomor resgitrasi umrah (sejenis nomor porsi dalam pendaftaran ibadah haji). Dengan nomor registrasi ini, jamaah dapat memantau proses persiapan keberangkatan yang dilakukan oleh PPIU, mulai dari pengadaan tiket, pemesanan akomodasi, hingga penerbitan visa.

Cara menggunakan Sipatuh

Bagi kamu yang telah terdaftar sebagai calon Jamaah haji maupun umrah, bisa mengecek status keberangkatan di Sipatuh. Kemudian akan tertampil gambar seperti dibawah ini:

1

Sumber: https://sipatuh.kemenag.go.id/

Kemudian pilih salah satu “Status Umrah atau Status Haji”.

Dan akan tertampil gambar seperti berikut:

2

Sumber: https://sipatuh.kemenag.go.id/

Jika, sudah lalu masukkan nomer Pasti Umrah kamu.

Nah, mudah bukan? Dengan adanya Sipatuh ini, kamu tidak perlu khawatir akan dicurangi oleh suatu Travel. Oleh karena itu, pastikan kamu mendaftar ke biro umroh yang memang sudah terpercaya. Dan pastinya, jangan juga kamu mudah percaya hanya karena harganya yang murah.