Home » Arsip » Mengenal Lebih Dekat Kota Suci Makkah
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Artikel

Mengenal Lebih Dekat Kota Suci Makkah

kota suci makkah

Kota Suci Makkah, sebuah kota yang disucikan oleh Allah SWT dan semua umat muslim. Kota dimana terdapat sebuah bangunan utama yaitu  Ka’bah yang menjadi pusat kiblat bagi semua umat muslim di dunia ketika menjalankan ibadah wajib yang dijalankan sebanyak lima kali dalam sehari pada waktu-waktu tertentu.

Masjid terbesar di dunia, Masjidil Haram juga terletak di Kota Makkah dimana dapat menampung lebih dari 4 juta umat muslim yang datang dari berbagai negara pada musim haji. Setiap tahunnya, ribuan umat muslim dari berbagai pelosok dunia mendatangi Kota Suci Makkah dan Madinah untuk menjalankan ibadah haji dan umroh.

Allah SWT telah memilih kota Makkah sebagai tempat yang dimuliakan dimana manusia di dalamnya akan merasa aman dan tentram, bahkan binatang sekali pun. Sebagaimana yang tercatat dalam al-quran:

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آَمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آَمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ قَلِيلًا ثُمَّ أَضْطَرُّهُ إِلَى عَذَابِ النَّارِ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ

Artinya:

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Ya Rabbku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: “Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali“.” (QS. Al Baqarah: 126).

Selain itu Allah SWT juga menjamin rizki yang berlimpah di Tanah Haram Makkah. Sebagaimana firmannya:

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37).

Makkah dan Madinah adalah satu-satunya kota di seluruh dunia yang tidak bisa diakses atau didatangi oleh mereka non-muslim. Mereka tidak diperbolehkan melewati batas-batas Makkah dan Madinah untuk tujuan apapun. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan untuk menjaga kesucian kota Makkah. Ketentuan ini juga disebutkan Allah SWT dalam firmannya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْمُشْرِكُونَ نَجَسٌ فَلَا يَقْرَبُوا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ بَعْدَ عَامِهِمْ هَٰذَا ۚ وَإِنْ خِفْتُمْ عَيْلَةً فَسَوْفَ يُغْنِيكُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ إِنْ شَاءَ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah nanti akan memberimu kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Demikian penjelasan tentang kota Suci Makkah. Semoga kita semua diperkenankan Allah SWT untuk berkunjung kesana guna menjalankan ibadah haji atau umroh.

Semoga bermanfaat!

Products you may be interested in;