Home » Arsip » Delapan Khasiat Buah Tin: Buah yang Kaya Akan Mineral dan Vitamin
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Artikel

Delapan Khasiat Buah Tin: Buah yang Kaya Akan Mineral dan Vitamin

khasiat buah tin

Buah tin merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam al-quran, sehingga sudah tidak asing lagi di telinga orang muslim. Namun tak banyak pula dari kita, yang pernah memakan ataupun mengetahui bagaimana wujud buah tin yang sebenarnya.

Pada awalnya buah tin berasal dari Timur Tengah yang kemudian menyebar ke daerah Portugal dan Afghanistan. Pohon yang memiliki nama latin ficus carica ini bisa tumbuh hingga 10 meter dengan bentuk daun yang sekilas tampak seperti daun ubi atau pepaya.

Buah tin mentah pada umumnya berwarna hijau dan kemudian akan berubah warna menjadi ungu saat buahnya matang. Dan apabila digigit akan menimbulkan aroma semerbak dan miliki rasa seperti jambu biji. Kandungan tannin yang terkandung didalamnya, membuat buah tin bertekstur lembut saat digigit dan terasa kelat.

Pakat nutrisi memposisikan buah tin sebagai buah super nutrition, kenapa? Karena buah ini mengandung nutrisi yang cukup lengkap, baik itu nutrisi dalam bentuk vitamin maupun mineral. Dan tentunya kaya akan manfaat baik itu bagi tubuh maupun kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat buah tin:

  1. Sebagai anti tumor

Buah tin diketahui mengandung zat benzaldehid dan fenol, dimana keduanya diketahui memiliki khasiat sebagai penangkal tumor.

  1. Sebagai pengganti susu

Kandungan kalsium yang terdapat pada buah tin memiliki manfaat yang hampir sama seperti susu, diantaranya mencegah pengeroposan pada tulang atau lebih dikenal dengan sebuatan osteoporosis dan juga baik untuk menjaga tulang dan gigi kita agar tetap kuat. Dan bagi Anda yang alergi terhadap produk susu, maka bisa menggantinya dengan buah tin.

  1. Anti bakteri, anti virus dan anti jamur

Mengkonsumsi buah tin dapat membantu Anda menghindari penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus dan jamur. Kandungan buah tin dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan dan virus. Hal ini karena buah tin mengandung zat anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang alami.

  1. Obat usus dan lambung

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan pada usus dan lambung, Anda bisa memanfaatkan buah tin sebagai obat. Ambil 6 buah tin kmeudian potong kecil-kecil. Kemudian tambahkan minyak zaitun dan potongan jeruk nipis secukupnya. Campurkan semua bahan kemudian diamkan selama satu malam, dan ramuan siap untuk diminum.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang melaksankan program diet, buah tin merupakan salah satu buah yang cocok Anda konsumsi. Buah tin terkenal dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi dan bebas dari kolesterol jahat dan lemak.

  1. Menyembuhkan luka

Buah tin dapat digunakan sebagai obat penyembuh luka. Rebus buah tin kering dengan air secukupnya hingga mendidij. Tambahkan susu, kemudian dinginkan. Dan setelah dingin baru oleskan ramuan tersebut pada area sekitar luka.

  1. Mengatasi isnomnia

Kandungan trytophan pada buah tin berkhasiat untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak. Maka dari itu, mengkonsumsi buah tin akan membantu bagi Anda yang sering mengalami insomnia, yaitu suatu gejala dimana seseorang susah tidur.

  1. Meningkatkan daya ingat

Buah tin berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat, hal ini dikaitkan dengan manfaatnya dalam meningkatkan sel darah merah. Peningkatan sel darah merah mempengaruhi kekuatan daya ingat serta mengurangi kelelahan.

Dan masih banyak manfaat lainnya, yang teradung dalam buah tin. Semoga bermanfaat!