Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Berita Haji & Umrah

Keistimewaan Ibadah Umroh yang Wajib Anda Tahu

saudagarbaitullah.com

Umroh menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum mendapat kesempatan untuk berangkat haji, mengingat antrian haji yang begitu panjang hingga sampai puluhan tahun. Jadwal keberangkatan yang tidak perlu menunggu lama, menjadikan umat muslim memilih untuk menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu.

Meski umroh bukan ibadah yang utama, namun ibadah umroh tak kalah istimewanya dengan Haji. Mau tahu apa saja keistimewaan ibadah umroh? Berikut Info Haji memberikan ulasannya. Simak ya Sahabat!

1. Kesempatan Menjadi Tamu Allah

Keistimewaan ibadah umroh yang pertama tentu saja adalah menjadi tamu Allah di Baitullah. Kesempatan yang belum tentu bisa dilakukan tiap tahun ini, menjadi momen yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Sebab, selain menjalankan rangkaian ibadah, Anda juga berkesempatan untuk mengunjungi sekaligus beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

2. Penghapus Dosa atau Kaffarah Di antara Pelaksanaan Umroh yang Satu dengan Umroh yang Lain

Allah SWT akan menghapus dosa-dosa kita jika telah menjalankan ibadah umroh lebih dari satu kali. Jadi, jika beberapa tahun kemudian Anda melakukan kembali ibadah umroh maka dosa-dosa di antara kedua waktu umroh tersebut akan diampuni Allah SWT.

 “Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain syurga.” (HR. Bukhari Muslim)

3. Umroh adalah Jihad Bagi Para Wanita dan Orang yang Lemah

Jihad adalah salah satu ibadah yang pahalanya sangat besar disisi Allah SWT. Bahkan Allah menjanjikan Surga bagi siapapun yang melakukan Jihad Fi Sabilillah.

Rasulullah Shallallhu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Pokok urusan adalah Islam, tiangnya itu shalat, sedangkan puncaknya adalah jihad.” (HR. Al-Tirmidzi)

Seorang lelaki berjihad dengan cara ikut berperang membela islam, maka bagi para wanita diberikan kesempatan berjihad melalui umroh atau melaksanakan haji.

Dari Abu Hurairah radhiallaahu anhu, dari Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam, beliau bersabda: “Jihad orang yang tua, orang yang lemah dan wanita adalah haji dan umrah.” (HR. An-Nasa’i)

4. Jamaah Umroh Adalah Tamu Allah yang Doanya Dikabulkan

Ibadah umroh menjadi istimewa karena orang-orang yang datang untuk menunaikan ibadah tersebut adalah tamu undangan Allah SWT. Jadi, apapun yang diminta oleh sang tamu akan dikabulkan oleh-Nya. Ini adalah bentuk keistimewaan yang paling istimewa. Oleh karena itu tidak boleh disia-siakan.

5. Dijanjikan Surga

Berkaitan dengan poin ketiga, bahwa umroh merupakan jihad perempuan. Maka Allah Ta’ala menjanjikan bagi siapapun (baik pria maupun wanita) yang menjalankan umroh dengan keikhlasan hati akan diberikan Surga. Hadist shahih Bukhari juga menjelaskan hal yang sama bahwasanya orang-orang yang umroh akan diberikan keistimawaan berupa ganjaran Surga.

6. Wafat Saat Umroh Pahalanya Dicatat Sampai Hari Kiamat

Keutamaan orang-orang yang wafat dalam perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh, serta keutamaan orang yang wafat saat umroh namun rukun umrohnya belum tercapai semua adalah mendapat anugerah pahala yang dicatat sampai hari kiamat.

Sebagaimana dijelaskan oleh Abu Hurairah radhiallaahu anhu, beliau berkata: Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam bersabda, “Barangsiapa keluar dalam melaksanakan haji lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang haji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar dalam melaksanakan umrah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang melaksanakan umrah sampai hari kiamat, dan barangsiapa keluar dalam berperang dijalan Allah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang berperang dijalan Allah sampai hari kiamat.”

7. Menghilangkan Kefakiran

Banyak orang yang menunda keberangkatan umroh karena biaya yang relatif mahal. Padahal salah satu keistimewaan yang bisa didapatkan dari ibadah umroh adalah dijauhkan dari kefakiran (kemiskinan). Justru dengan menunaikan ibadah umroh, Insya Allah rezeki akan berlipat ganda dan mengalir dengan lancar. Allah SWT akan mengganti seluruh biaya yang digunakan untuk berangkat umroh dengan berlipat-lipat.

8. Shalat di Masjid Quba Pahala Akan Dilipatgandakan

Shalat di Masjid Quba memiliki keutamaan tersendiri. Jika Anda menyempatkan diri untuk shalat di Masjid Quba sebanyak dua rakaat, maka baginya pahala setara dengan pahala umroh.

Hal ini dijelaskan dalam Hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: ” Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala Umrah.” (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

9. Mendapat Ketenangan Hati

Melakukan ibadah umroh akan mendapatkan ketenangan dalam hatinya. Ini sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Abul ‘Ula Al-Mubarakfuri rahimahullah:

Haji dan umrah menghilangkan kefakiran, bisa bermakna kefakiran secara dzahir, dengan terwujudnya kecukupan harta. Bisa juga bermakna batin yaitu terwujudnya kekayaan dalam hati.” (Tuhfatul Ahwazi)

Nah, sekarang udah tahu kan keistimewaan ibadah umroh? Jangan ditunda lagi, yuk disegerakan berangkat umroh!