Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah

Keberangkatan Haji 2016

Keberangkatan haji 2016

Keberangkatan Haji 2016; Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

Keberangkatan haji 2016 kloter pertama, sebanyak 393 calon jamaah haji dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede telah diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandara Halim Perdanakusuma, pukul 08.00 WIB tadi pagi. Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, mereka terlebih dahulu mengikuti acara pelepasan calon jamaah haji kloter pertama yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Selatan (9/8/2016). Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Direktur Maskapai Garuda Indonesia, serta Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama.

Dalam kesempatan tersebut, Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin, menyampaikan bahwa pelayanan bagi calon jamaah haji tahun ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Selama di Tanah Suci, jamaah haji akan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi yang telah disediakan oleh Kementrian Agama. Pemberian makanan bagi jamaah haji asal indonesia akan diberikan sebanyak dua kali dalam sehari.

“Untuk tahun ini diberlakukan pemberian makan selama jemaah berada di Mekah sebanyak 24 kali. Tahun-tahun sebelumnya tidak pernah. Baru tahun ini,” ungkap Lukman.

Dan beliau juga menjelaskan, peningkatan pelayanan juga terjadi pada bidang transportasi. Dimana pada tahun sebelumnya, para jamaah haji sering kali mengeluhkan pelayanan transportasi yang kurang memuaskan, seperti tidak berfungsinya AC kendaraan yang digunakan oleh jamaah haji. Pada tahun ini, insya Allah masalah tersebut tidak akan terjadi lagi.

Berikut ini adalah sembilan embarkasi yang termasuk kedalam koloter pertama dan akan memberangkatkan calon jamaah pada 9 Agustus 2016, yaitu embarkasi Padang pukul 06.25 WIB, Jakarta-Pondok Gede pukul 08.15 WIB, Jakarta-Bekasi pukul 10.30 WIB, Batam pukul 09.30 WIB, Makassar pukul 09.40 Wita, Surabaya pukul 10.30 WIB, Medan pukul 12.30 WIB, Solo pada pukul 16.40 WIB, dan Banjarmasin pada pukul 23.30 Wita.

Dan pada tanggal 10 Agustus besok, ada tiga embarkasi yang akan berangkat ke Tanah Suci, yaitu Balikpapan pada pukul 01.25 Wita, Palembang pada pukul 08.30 WIB, dan Aceh pada pukul 19.20 WIB.