Home » Arsip » Gunakan Gaji Veteran, Seorang Kakek Berusia 105 Tahun Naik Haji
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Dapatkan Produknya disini

Zam-zam

Mulai dari Rp. 30.000

Beli
Kurma

Mulai dari Rp. 13.000

Beli
Oleh-oleh Haji

Mulai dari Rp. 17.000

Beli
Berita Haji & Umrah

Gunakan Gaji Veteran, Seorang Kakek Berusia 105 Tahun Naik Haji

haji

Ada pemandangan yang berbeda saat kloter 23 asal Sulawesi Selatan yang tiba di Jeneponto pada hari Rabu (12/10) pukul 18.30, nampak seorang kakek mengenakan baju serba putih sebagaimana jamaah haji lainnya. Dia adalah Haji Bare, seorang peserta jamaah haji dari Pallambuta, Desa Bulu Loe, Kecamatan Turatea, Sulawesi Selatan.

Diusianya yang sudah menginjak 105 tahun, Haji Bare masih sehat bugar dan berhasil menjalankan semua ritual ibadah haji dan kembali ke Tanah Air dengan selamat. Para penjemput pun dibuat kagum dan terkesan dengan kehadiran Haji Bare yang merupakan peserta jamaah haji paling tertua di kloter 23 tersebut.

Dengan senang hati, Haji Bare pun menceritakan pengalamannya selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Beliau mengaku sempat menyewa gerobak saat akan melaksanakan thawaf dan lempar jumrah. Beliau harus mengeluarkan 250 riyal persatu kali thawaf dan harus membayar 750 riyal saat melaksanakan lempar jumrah.

Selama lima belas tahun, Haji Bare menabung sebagian dari pada gajinya sebagai seorang veteran guna mewujudkan keinginannya untuk menjadi tamu Allah SWT di Tanah Suci. Hingga pada waktunya, ia terpanggil untuk menjadi salah satu orang yang terpilih untuk menginjakan kaki di Tanah Suci Makkah.