Home » Arsip » Jamaah Diminta Waspada Terhadap Munculnya Penyakit Mers-COV
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Dapatkan Produknya disini

Sajadah Beli
Kerudung Beli
Souvenir Beli
Berita Haji & Umrah

Jamaah Diminta Waspada Terhadap Munculnya Penyakit Mers-COV

Petugas Haji Indonesia Diminta Untuk Mengoptimalkan Upaya Promotif dan Preventif Akan Bahaya Virus Mers-COV Kepada Para Jamaah

Pemberitaan tentang adanya kasus orang Arab Saudi yang terjangkit virus Mers-COV, membuat Kementrian Kesehatan mengeluarkan imbauan kepada para jamaah haji Indonesia untuk selalu hati-hati dan waspada akan kemungkinan munculnya penyakit tersebut.

Jamaah disarankan untuk menggunakan masker terutama saat berada ditempat ramai, seperti Masjid Nabawi, Masjidil Haram dan tempat lainnya.

“Imbauan ini disampaikan Menteri Kesehatan menyusul beredarnya informasi ada 2 kasus baru Mers yang menimpa ekspatriat wanita berusia 38 dan 42 tahun. Keduanya didiagnosis positif virus Mers di Dawmat Al-Jandal di Provinsi Al-Jouf, Arab Saudi,” katanya Minggu (13/8/2017).

Sementara itu, Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia, Eka Jusuf Singka meminta kepada petugas haji di Arab Saudi untuk mengoptimalkan upaya promotif dan preventif kepada jemaah haji yang sudah berada di Mekah dan Madinah.

“Jemaah juga diharuskan mencuci tangan dengan sabun terutama setelah berada di WC umum atau toilet umum. Jangan menggosok-gosokan tangan ke mata atau ke hidung jika tangan belum di cuci dengan sabun,” imbaunya.

Dia juga menjelaskan Pusat Kesehatan Haji Indonesia selalu mengingatkan agar jemaah haji tidak berfoto-foto atau dekat-dekat dengan onta. Sebab, onta dicurigai sebagai medium penularan virus Merscov.

Namun hingga saat ini seluruh pasien haji Indonesia yang dirujuk ke Rumah Sakit Amal Sehat (RSAS)  tidak ada yang terindikasi Mers-COV berdasarkan konfirmasi laboratorium.