Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Tips

Jaga Kesehatan Tubuh Selama Umroh dengan 7 Tips Berikut Ini

umroh.travel/tips-umroh-wanita-hamil/

Melaksanakan ibadah umroh tentu memerlukan energi dan daya tahan tubuh yang kuat. Aktivitas yang cukup padat disertai iklim yang terkadang ekstrim dapat membuat tubuh Anda drop dan akhirnya jatuh sakit.

Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi nantinya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh serta energi selama beribadah umroh di tanah suci.

1. Atur Pola Makan dan Olahraga

Saat melaksanakan ibadah umroh, ada baiknya Anda melakukan pola makan yang teratur. Mengatur pola makanan dengan makanan yang sehat tentunya akan mempermudah Anda melakukan berbagai rangkaian ibadah yang akan Anda jalani.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya akan protein untuk memberikan energi yang cukup saat harus beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap baik selama beribadah.

2. Pastikan Cairan Tubuhmu Terpenuhi dengan Baik

Kondisi cuaca yang cukup ekstrim di tanah suci bisa membuat para jamaah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Ketika tubuh Anda mengalami kekurangan cairan, maka tidak hanya kulit yang menjadi kering dan kusam, akan tetapi energi serta daya tahan tubuh Anda semakin berkurang sehingga Anda akan lemas dan sulit beribadah dengan optimal.

Oleh karena itu, pastikan cairan dalam tubuh Anda selalu terpenuhi dengan meminum air putih. Bawalah botol minum saat berada di luar ruangan, karena akan lebih mudah mengisi ulang air minum dengan air zam-zam yang ada di sana.

3. Hindari Melakukan Aktivitas yang Tidak Penting

Karena melakukan perjalanan umroh belum tentu bisa dilakukan tiap tahun, maka tak heran banyak para jamaah yang memanfaatkannya dengan berjalan-jalan maupun membeli oleh-oleh pada waktu istirahat. Boleh-boleh saja, asalkan jangan terlalu lama dan terlalu sering karena akan membuat Anda lebih mudah lelah dan tidak fokus saat beribadah. Ingat tujuan Anda ke tanah suci adalah untuk beribadah dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

4. Melakukan Vaksinasi

Vaksinasi sangat diperlukan untuk mencegah terjangkitnya suatu penyakit ketika beribadah umroh. Di sana, Anda akan bertemu dengan para jamaah dari berbagai penjuru dunia yang mungkin saja bisa menularkan penyakit pada Anda. Maka dari itu lakukanlah Vaksinasi untuk pencegahan.

5. Rajin Mencuci Tangan dan Menggunakan Masker

Ketika sudah berada di Mekkah, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir sebelum maupun sesudah makan. Hal ini bertujuan sebagai bentuk pencegahan agar virus dan kotoran tidak masuk ke dalam tubuh.

Pastikan juga Anda selalu menggunakan masker di keramaian, ini bertujuan untuk menghindari tertular penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan) yang bisa didapatkan dari jamaah lain.

6. Siapkan Obat-Obatan

Terkadang, penyakit bisa datang kapan saja sekalipun Anda sudah menjaga diri dari berbagi kemungkinan terserang penyakit. Maka dari itu, siapkan obat-obatan selama berada di sana untuk berjaga-jaga. Bawa saja obat-obatan ringan untuk mengatasi flu, sakit kepala dan batuk.

Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit khusus, bawalah obat Anda secara lengkap untuk memperlancar ibadah.

7. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Terakhir adalah istirahat dan tidur yang cukup. Gunakanlah waktu Anda sebaik mungkin dengan beristirahat dan tidur yang cukup. Jangan memaksakan diri saat beribadah. Istirahat serta tidur yang cukup tentunya akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan segar. Anda pun akan siap untuk melakukan rangkaian ibadah selanjutnya esok hari.