Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

Istana Alhambra: Menelusuri Jejak Peradaban Islam di Spanyol

istana al hambra

Sebagai salah satu tempat wisata yang paling banyak diburu oleh beberapa wisatawan lokal maupun manca negara, Spanyol memiliki beberapa tempat yang menyimpan situs bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Istana Alhambra yang merupakan situs bersejarah bernafaskan islam.

Istana yang terletak di tepi kota provinsi Granada wilayah Andalusia ini adalah salah satu bukti masa kejayaan islam yang didirikan oleh kerajaan Bani Amhar atau bangsa Moor yang berasal dari daerah Afrika Utara, yaitu Sultan Muhammad bin Al-Ahmar atau Bani Nasr yang masih keturunan Sa’id bin Ubaidah, seorang sahabat Rosulullah SAW dari suku Khazraj di Madinah.

Kenapa dinamakan Alhambra? Alhambra merupakan sebuah nama yang diambil dari bahasa arab yang berarti “merah”. Karena bangunan ini banyak dihiasi ubin-ubin dan bata-bata berwarna merah, serta penghias dinding yang agak kemerah-merahan dengan keramik yang bernuansa seni islami, disamping marmer-marmer yang putih dan indah.

Istana ini dilengkapi beberapa ruangan utama seperti Ruangan Bersiram (Hausy ar-Raihan), ruangan yang berukuran 36,6 m x 6,25 m yang terdapat pula al-birkah atau kolam pada posisi tengah yang lantainya terbuat dari marmer putih. Luas kolam ini 33,50 m x 4,40 m dengan kedalaman 1,5 m, yang di ujungnya terdapat teras serta deretan tiang dari marmer; Ruangan Dua Perempuan Bersaudra (Baitul al-Ukhtain), yaitu ruang yang khusus untuk dua orang bersaudara perempuan Sultan Al-Ahmar; Ruangan Sultan (Baitul al-Mulk); dan masih banyak ruangan-ruangan lainnya, seperti ruangan Duta, ruangan As-Safa’, ruangan Barkah, Ruangan Peristirahatan sultan dan permaisuri. Di sebelah utara ruangan ini ada sebuah masjid yakni Masjid Al-Mulk.

Meski hanya berisikan memori akan kejayaan Islam di masa lalu, namun Alhambra tetap jadi satu yang layak untuk disambangi. Tempat yang kabarnya paling sering dikunjungi di Spanyol ini menyimpan memori di setiap jengkal penyusun. Memberi perspektif lain akan pesona Andalusia.