Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting Tips

Inilah 9 Rahasia Untuk Ibu Hamil Agar Umroh & Haji Lebih Menyenangkan

Utama

Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh atau haji dengan kondisi sedangan hamil, maka menyimak tips berikut ini akan sangat membantu Anda. Apalagi perjalanan Umroh dan Haji sendiri merupakan undangan istimewa. Namun hamil terkadang membuat tantangan bahkan menghadirkan pertanyaan yang cukup banyak. Misalnya: Boleh gak sih naik pesawat saat hamil? Bagaimana jika kemudian rukun haji tidak terlaksana atau tidak sempur karena faktor kehamilan?

Ya, banyak sekali pertanyaan yang akan terbersit kepada Anda. Mengingat menunaikan ibadah saat hamil mungkin akan terasa berbeda. Bukan hanya cara ibadahnya, tapi juga persiapannya yang dibutuhkan pun mungkin lebih merepotkan. Lalu bagaimana solusinya?

Berikut ini 9 rahasia untuk ibu hamil agar umroh & haji lebih menyenangkan

1. Pilihlah Penerbangan Yang Sesuai

1

Sumber: Meganewsviral

Jika kondisinya Anda tengah melakukan umroh, alangkah lebih baik jika Anda bisa memilih penerbangan langsung. Sebaiknya Anda menghindari penerbangan yang membawa Anda pada penerbangan transit ke negera ketiga. Jangan alih-alih untuk menghemat pengeluaran, Anda justru membahayakan kondisi Anda. Bukan hanya itu, Anda juga menghindari penerbangan langsung yang menuju Jeddah. Kenapa? Karena ini juga bisa menyebabkan Anda mengalami kram, kaki bengkak, dsb.

Untuk penerbangan, sebaiknya Anda memilih yang satu kali transit. Itu pun dengan durasi masa tunggu di bandara tidak melebihi dari 3 jam.

2. Pilih Hotel Yang Dekat Masjid

2

Sumber: Goal.Goodwinmetals.co

Jika hamil pastikan lokasi Anda juga tidak terlalu jauh. Pilih hotel yang dekat dengan masjidil haram. Semakin dekat hotel yang Anda tempati selama beribadah di Masjidil Haram tentu akan membuat Anda semakin mudah ketika ingin menunaikan ibadah. Tidak hanya itu, ketika Anda ingin berlama-lama menunaikan sholat fardhu atau sunnah, beri’tikaf, atau mungkin ingin melaksanakan ibadah lainnya, Anda juga bisa lebih terbantu. Na, beberapa hotel yang dekat dengan Masjidil Haram adalah: Makkah Clock Royal Tower, A Fairmont Hotel, Pullman Zam Zam Makkah, Mövenpick Hotel & Residence Hajar Tower Makkah, Swissôtel Makkah, Al Safwah Royale Orchid Hotel

Anda juga bisa memilih hotel selain yang di atas, namuan sangat disarankan tidak yang jaraknya terlalu jauh.

3. Pastikan Usia Kandungan Belum Melewati Trimester Kedua

3

Sumber: Kamdora

Usia kandungan Anda sangat berpengaruh pada kondisi Anda. Sebagaimana layaknya Anda naik pesawat saat wanita hamil, Anda hanya diperbolehkan jika usia kandungan menginjak trimester kedua. Mengingat risiko keguguran sangat sering mengancam wanita hamil, maka ini pihak maskapai juga tentu menghidari adanya melahirkan di pesawat. Karena itu pastikan kondisi kehamilan Anda agar tidak membahayan nyawa Anda sendiri dan janin yang kehadirannya tengah Anda nanti-nati.

4. Periksakan Kandungan Secara Berkala

4-min

Sumber: Videoblocks

Adalah hal yang sangat penting selama kehamilan, Anda bisa secara rutin memeriksakan kandungan. Selain dapat membantu Anda untuk mengetahui kesehatan tubuh Anda, Anda juga bisa tahu bagaimana perkembangan janin yang sedang Anda kandung. Sehingga Anda dapat mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi pada Anda dan calon bayi Anda.

Karena itu, sebelum Anda berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci ada baiknya Anda sudah memastikan kandungan Anda berada pada kondisi terbaik dan Anda juga mendapatkan izin untuk melakukan perjalanan yang jauh. Jika diperlukan, satu hari sebelum keberangkatan, Anda juga memastikan kembali. Ingat, agar Anda selalu utamakan kesahatan Anda dan janin dari pada keinginan untuk menjalankan ibadah.

5. Perbanyak Minum Air Putih

5

Sumber: Monbaby

Sebagai calon ibu ada baiknya Anda membawa persediaan minum. Selain bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan janin Anda, air putih juga dapat menghindarkan Anda dari sakit kepala dan kelelahan

6. Bawalah Buku Pemeriksaan Kandungan

6

Sumber: Sweet Home

Meski terlihat sepele, buku pemeriksaan juga sangat penting untuk Anda bawa. Sebab jika saat umroh atau haji ada kondisi yang darurat selama berada di tanah suci, hal ini juga bisa segera diatasi. Dengan buku tersebut dokter juga bisa tahu historical kondisi janin yang ada pada kandungan Anda. Untuk buku pemeriksaan kandungan ada baiknya juga Anda gandakan dengan meng-copy-nya. Hal ini untuk menghindari hilangnya buku yang asli.

7. Pendamping Yang Se-mahram

7

Sumber: Thoughtco

Jika memungkinkan bagi Anda untuk menunaikan ibadah bersama mahrom, akan lebih baik. Sebab di sini Anda akan sangat terbantu. Mulai dari menjalankan ibadah itu sendiri, sampai pada kondisi Anda saat butuh istirahat. Siapa yang bisa menjadi mahram Anda? Yaitu suami, yang menjadi mahram selamanya (ta’bid), atau mahram karena nasab atau mahram karena sebab persusuan. Nah, orang-orang ini bisa menjadi pendamping Anda selama menunaikan ibadah di tanah suci.

8. Gunakan Gamis Yang Ringan

8

Sumber: Super Duper Top

Pakaian yang Anda gunakan juga sangat berpengaruh terhadap lancarnya ibadah Anda di tanah suci. Dengan bahan gamis yang ringan, ibadah berat yang Anda jalankan pun tidak akan terasa. Untuk bahannya sendiri, Anda bisa memilih spandex. Selain harganya yang relatif lebih murah, gamis berbahan spandex juga lebih rada tipis.

9. Jangan Memaksakan Diri

Sumber:Today Show

Ibadah umrah dan haji adalah ibadah yang cukup panjang. Wajar jika kemduian Anda merasa bahwa ibadah ini akan terasa berat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri Anda. Anda bisa menggunakan kursi roda untuk membantu aktivitas yang sedang berlangsung. Namun jika Anda merasa dengan kursi roda saja Anda tidak cukup mampu, Anda bisa meminta jasa pendorong yang tersedia.