Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah

Yuk Baca Doa Ini Setiba di Tanah Suci

image: nurulsufitri.com

Musim pelaksanaan ibadah Haji tahun 2019 sebentar lagi akan dilaksanakan. Para kloter jamaah Indonesia sudah mulai tiba di tanah suci Mekkah untuk mengikuti serangkaian ibadah Haji.

Tentunya suasana ini menjadi momen yang ditunggu oleh jemaah haji. Sebab tanah haram merupakan tempat yang mulia, yang mana akan dilipatgandakan pahala amal ibadahnya bila beribadah di masjid Nabawi maupun Masjidil Haram.

Dikutip dari nu.or.id, sebagian ulama menganjurkan agar orang yang berihram haji/umrah sampai di tanah haram, hendaknya membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَعِزَّةً وَمَهَابَةً وَزِدْ مِنْ شَرَفِهِ وَعَظِّمْهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوْ اِعْتَمَرَهُ، تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمَا وَبِرًّا، اَللهم هَذَا حَرَمُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ عَلَى النَّارِ، اللهم قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ، اللهم آمِنِّيْ مِنْ غَضَبِكَ وَعِقَابِكَ

Allâhumma zid hâdzal baita tasyrîfan wa ta’dhîman wa ‘izzatan wa mahabatan, wa zid min syarafihi, wa ‘adh-dhimhu mimman hajjahu au i’tamarahu, tasyrîfan wa ta’dhîman wa takrîman wa birran. Allâhumma hâdza haramuka fa harrim lahmî wa damî ‘alan-nâr. Allâhumma qinî ‘adzâbaka yauma tab’atsu ‘ibâdaka. Allâhumma âminnî min ghadlabika wa ‘iqâbika.

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah Baitullah ini kemuliaan, keagungan dan kewibawaan, tambahkanlah kemuliannya, agungkanlah ia dari orang yang haji atau umrah menujunya, muliakan, agungkan dan baguskan. Ya Allah, ini adalah tanah haram-Mu, maka haramkanlah daging dan darahku atas neraka. Ya Allah, jagalah aku dari siksa-Mu, di hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, amankanlah aku dari kemurkaan dan siksaMu.”

Doa saat jamaah haji/umrah sampai di tanah haram ini dikutip dari kitab al-Wasail al-Syafi’ah karya al-‘Alim al-‘Allamah al-Muhaddits Muhammad bin ‘Ali Khirid al-Alawi al-Husaini al-Tarimi(Dar al-Hawi, cetakan kedua tahun 1999, hal. 238).

Referensi:  liputan6.com