Home » Arsip » Ini 12 Amalan yang Dianjurkan di Bulan Muharram. Sudah Tahukah Anda?
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Artikel Informasi Penting Tips

Ini 12 Amalan yang Dianjurkan di Bulan Muharram. Sudah Tahukah Anda?

Tanggal 1 Muharram 1440 jatuh pada Selasa, 11 September 2018 kemarin, dan menandai pergantian tahun dalam kalender Islam. Dalam sebuah Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan bahwa ada empat bulan yang termasuk bulan haram (suci). Keempat bulan tersebut adalah Zulqo’dah, Zulhijah, Muharram, dan Rajab Mudhor. Setiap bulan tersebut tentu memiliki keutamannya masing-masing. Menurut para ulama, ada 12 amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan agar mendapatkan berkah di Bulan Muharram. Amalan pertama adalah shalat. Selain shalat wajib lima waktu, sangat dianjurkan juga untuk melaksanakan shalat sunah di Bulan Muharram. Shalat sunah yang dapat dilaksanakan antara lain Shalat Tahajjud, Shalat Rawatib, dan Shalat Dhuha.

Kedua, adalah berpuasa. Dalam Hadis Riwayat Muslim, sahabat Abu Hurairah Radhiyallohu anhu berkata bahwa puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa Muharram. Adalah Puasa Sunah Asyura yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Melaksankanan Puasa Asyura akan menghapus dosa selama satu tahun. Selain Puasa Asyura, ada juga Puasa Tasu’a yang disunahkan untuk dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram.

Amalan selanjutnya yang dianjurkan adalah menyambung silaturahmi, diikuti dengan ziarah orang alim, menjenguk orang sakit, dan celak mata. Selain itu, dianjurkan juga untuk mengusap kepala anak yatim dan bershadaqah. Menyantuni anak yatim pada hari Asyura atau 10 Muharram disebut lebih istimewa karena Allah SWT akan mengangkat derajat kita.

Amalan ke-9 dan ke-10 yang dianjurkan adalah mandi dan memotong kuku. Dua amalan terakhir yang dianjurkan untuk dilakukan di Bulan Muharram adalah menambah nafkah keluarga serta membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.

Jika kita melaksanakan dan memperbanyak ke-12 amalan tersebut di Bulan Muharram, Insya Allah kita akan mendapatkan pahala dan berkah sebanyak-banyaknya dari Allah SWT.