Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

Hati-Hati! Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Anda di Masjidil Haram

Utama

Masjidil Haram merupakan tempat yang sangat penting bagi kaum muslim. Masjidil haram sendiri merupakan masjid pertama kali yang dibangun di atas muka bumi ini. Menurut beberapa sumber, Masjidil Haram ini dibangun oleh para malaikat. Masjidil Haram dibangun jauh sebelum diciptakannya manusia oleh Allah SWT.

Banyak yang mengatakan bahwa Masjidil Haram merupakan refleksi dari rumah di surga yang bernama Baitul Makmur. Di dalam Masjidil Haram ini, terdapat rumah Allah (Baitullah), yakni Kakbah.

Keajaiban, keindahan, kedamaian, adalah kesan pertama yang timbul ketika seseorang memasuki masjidil haram. Antusiasme umat manusia untuk melihat dan mengunjungi Masjidil Haram dari tahun ke tahun tidak pernah surut.

Tentu momen berkunjung ke Masjidil Haram bukanlah sebuah hal yang umum terjadi. Artinya tidak setiap hari Anda bisa mendapatkan kesempatan emas ini. Bahkan bagi sebagian orang, kesempatan itu mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Karenanya ibadah dengan totalitas adalah keharusan.

Meski begitu, terkadang selalu ada saja hal yang mengganggu. Mulai dari faktor internal hingga yang eksternal. Untuk yang eksternal hal kecil sering mengganggu adalah HP. Alat komunikasi satu ini bisa menyebabkan Anda kurang khusuk dalam beribadah. Salah satu di antaranya adalah selfie.

Selama ini memang diketahui banyak sekali jemaah yang berfoto selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tempat favorit jemaah adalah background Masjidil Haram, tak jarang beberapa diantaranya meng-upload ke media sosial.

1

Sumber: bangka.tribunnews.com

Sementara untuk tempat favorit para jamaah ketika berada di Masjid Nabawi, biasanya mereka berfoto di pelataran dengan background pintu-pintu megah dan payung raksasanya.

Utama

2

Sumber: agusmanlubis.blogspot.com

Bagi Anda yang memang ingin ber-selfie ria, sebaiknya Anda mengatur waktu dan tempat. Misalnya di luar masjid yang sudah pasti Anda telah purna dalam beribadah. Jangan sampai selfie yang Anda lakukan justru menyebabkan Anda berada dalam masalah. Sebab Pemerintah Arab Saudi sendiri sudah pernah menyurati negara penyelenggara haji, dan pemerintah setempat menegaskan larangan mengambil gambar di dua masjid suci.

Karena itu, sebagai jamaah ada baiknya Anda mengingat kembali tujuan awal Anda datang ke sini, yang tidak lain adalah untuk beribadah. Karena itu lebih baik Anda terus berfokus agar ibadah diterima, bukan selfie yang kemudian tujuannya diunggah ke sosial media.