Home » Arsip » Haji Yang Dikerjakan Anak Kecil, Wajibkah Diulangi Ketika Dewasa ?
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Kismis

Mulai dari Rp. 27.000

Beli
Buah Tin

Mulai dari Rp. 20.000

Beli
Kacang Pistachio

Mulai dari Rp. 25.000

Beli
Artikel

Haji Yang Dikerjakan Anak Kecil, Wajibkah Diulangi Ketika Dewasa ?

3b331248-adf0-49fe-b58d-8ca6947c9500

Sudah Berhaji Diwaktu Kecil, Apakah Setelah Dewasa Masih Harus Berhaji Lagi?

Jika seseorang pernah menunaikan haji di masa kecil, apakah kewajiban berhaji masih dikenakan padanya saat ia dewasa nanti?

Meskipun dianggap sah dan berpahala, menjalankan ibadah haji saat masih kecil ternyata tak lantas membuat kewajiban berhajinya saat dewasa menjadi gugur. Dengan kata lain, ia tetap dikenai kewajiban beribadah di Tanah Suci jika kondisi fisik dan ekonominya saat sudah mukallaf (dewasa) cukup mendukung.

Rosulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

أَيُّمَا صَبِيٍّ حَجَّ ثُمَّ بَلَغَ، فَعَلَيْهِ حَجَّةٌ أُخْرَىٰ، وَأَيُّمَا عَبْدٍ حَجَّ ثُمَّ عَتَقَ، فَعَلَيْهِ أَنْ يَحُجَّ حَجَّةً أُخْرَىٰ

Artinya:

“Anak kecil mana saja yang menunaikan ibadah haji lalu ia baligh, maka ia wajib menunaikan ibadah haji lagi. Dan budak mana saja yang menunaikan ibadah haji lalu dia merdeka, maka ia wajib menunaikan ibadah haji lagi.” (Shahih: Irwa-ul Ghalil no:986 dan Baihaqi V:156).

Jadi ibadah haji yang dijalankan seorang anak-anak pada waktu kecil tidak menggugurkan kewajibannya melaksanakan ibadah haji ketika sudah dewasa.  Itu artinya ketika sudah dewasa dan dia mampu untuk melaksanakan ibadah haji, maka wajib baginya untuk melaksanakannya kembali.