Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Berita Haji & Umrah

Wah Inilah Fasilitas Baru Jemaah Haji 2019. Cek Info Selengkapnya

middleeasteye.net

Ada kabar bahagia untuk jamaah Haji asal Indonesia. Pasalnya Kementrian Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pada musim haji 2019 ini, sejumlah fasilitas baru kini dapat dinikmati jemaah calon haji Indonesia selama berada di Tanah Suci Makkah dan Madinah.

Berikut ini adalah daftar fasilitas baru untuk jamaah Haji tahun 2019:

1. Sistem Zonasi Embarkasi

Fasilitas zonasi embarkasi akan diberlakukan pada tahun 2019 agar dapat mengumpulkan kerabat kerabat sedaerah. Calon jamaah haji Indonesia tahun ini akan tinggal di satu zonasi berdasarkan wilayah asalnya selama berada di Tanah Suci.

“Kami terapkan zonasi embarkasi provinsi pada tahun. Kalau dulu tersebar sehingga menyebabkan jemaah yang memiliki hubungan famili sesama daerah sulit ketemu.”

“Selain itu, koordinasi petugas juga tidak mudah karena tersebar di wilayah Makkah,” lanjutnya pada saat menyambut kedatangan jamaah calon haji asal Jawa Timur di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat (5/7).

Penerapan tersebut akan diberlakukan untuk penginapan jamaah haji di tujuh zonasi provinsi, salah satunya untuk jemaah calon haji Embarkasi Surabaya yang dulu tersebar di wilayah Makkah. Kini ditempatkan di zonasi Mahbas Jin.

“Embarkasi dari masing-masing provinsi berada di hotel-hotel berlokasi di satu wilayah khususnya untuk memudahkan koordinasi dengan petugas yang juga mengusai bahasa daerah asal jemaah. Karena banyak juga yang kurang menguasai bahasa Indonesia, terutama yang berusia sepuh,” kata Lukman.

2. Akomodasi Penginapan Minimal Hotel Bintang 3 & Transportasi Bus Terbaru

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, jamaah haji juga akan mendapatkan penginapan selama berada melaksanakan ibadah Haji dengan akomodasi penginapan minimal di hotel bintang tiga, serta transportasi bus terbaru.

3. Tenda Ber AC

Untuk pertama kalinya AC akan dipasang di tenda-tenda di Arafah di musim Haji tahun ini. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya, tenda jamaah Haji hanya dilengkapi kipas angin saja.

Pemasangan AC ini bertujuan untuk mengantisipasi suhu udara dimana tahun ini suhu udara di tanah suci lebih panas dari biasanya.

“Oleh karenanya demi meningkatkan kualitas kenyamanan jamaah sehingga peribadatannya pun juga bisa lebih berkualitas maka selama berada di Arafah di dalam tenda-tenda akan kita pasang AC,” ujar Lukman.

4. Laporan Elektronik

Fasilitas terbaru lainnya, yakni pada tahun ini akan diterapkan seluruh petugas kloter, tim pembimbing, dokter maupun perawat untuk melaporkan aktivitas di kloter masing-masing melalui aplikasi elektronik. Selama ini, laporan dilakukan manual dengan cara mengisi formulir dan lain sebagainya.

“Itu selain menyita waktu juga menyulitkan dan kurang akurat. Alhamdulillah tahun ini akan kita efisienkan, kita efektifkan sistem pelaporan dengan berbasis aplikasi online, berbasis digital, sehingga harapannya adalah meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh jamaah haji,” kata Lukman.