Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah

Diperkirakan Kloter Pertama Haji 2017 Akan Berangkat 6 Agustus

Jamaah calon haji menaiki tangga pesawat Garuda Indonesia saat pemberangkatan kloter pertama Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/8). Sebanyak 4.459 calon haji dari 11 kloter sembilan embarkasi, Medan, Batam, Padang, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Lombok dan Makassar diberangkatkan ke Arab Saudi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama/16

Berbagai persiapan mulai dilakukan oleh Pemerintah guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi calon jamaah haji Indonesia. Tidak hanya itu, Pemerintah juga telah memperkirakan jadwal keberangkatan rombongan gelombang pertama yang akan diterbangkan pada 6 Agustus mendatang.

Sebagaimana sistem keberangkatan jamaah pada tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah akan tetap menerapkan dua gelombang keberangkatan dengan tjuan pendaratan berbeda bagi calon jamaah haji.

“Gelombang pertama akan diberangkatkan melalui Madinah. Sedangkan gelombang II pada 26 Agutus 2017 dengan rute Tanah Air-Jeddah,” ungkap Mentrian Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Puan Maharani di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Dan untuk jadwal kepulangan jamaah gelombang pertama dengan rute Jeddah-Tanah Air akan diterbangkan pada tanggal 6 September 2017. Sementara untuk gelombang kedua pada 6 Oktober 2017 dengan rute Madinah – Tanah Air.

Puan juga menjelaskan bahwa Pemerintah akan terus berkomitmen guna meningkatkan pelayanan penyelenggara ibadah haji.

Berdasarkan hasil survei tentang kepuasan jamaah haji yang dilakukan oleh BPS, setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada tahun 2014 sebesar 81,52%, tahun 2015 sekitar 82,67%, dan pada tahun 2016 sebesar 83,83%.