Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Tips

Kiat Cerdas dalam Memilih Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya

memilih travel umroh

Mengingat daftar tunggu ibadah haji yang bisa mencapai belasan hingga puluhan tahun membuat sebagian umat muslim di Indonesia mendaftarkan dirinya sebagai peserta jamaah ibadah umroh sembari menunggu kuota haji. Besarnya minat umat muslim Indonesia guna menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci Makkah mebuat beberapa agen atau biro perjalanan umroh bermunculan. Beberapa dari mereka menawarkan berbagai pilihan paket dengan fasilitas yang berbeda dan tentunya dengan harga yang bervariatif.

Namun bagi Anda yang baru pertama kali akan menjalankan ibadah umroh harus ekstra hati-hati dan selektif ketika memilih travel umroh. Banyaknya kasus penipuan agen travel yang tidak bertanggung jawab dan tidak sedikit dari mereka para calon jamaah umroh yang menjadi korban penipuan. Maka dari itu, berikut kami sampaikan beberapa tips memilih travel umroh agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan tentunya akan membuat perjalanan dan pelaksanaan ibadah umroh Anda berjalan dengan lancar.

  1. Pilihlah Agen Travel Umroh yang Jelas Legalitasnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan mendaftarkan diri sebagai peserta umroh adalah mencari agen travel umroh yang sudah jelas legalitasnya. Pastikan travel tersebut memiliki SK Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umroh atau haji.

Legalitas dari sebuah agen travel perjalanan umroh adalah syarat mutlak yang berkaitan dengan kredibilitas dan tanggung jawab mereka terhadap jamaah sebagai penyelenggara mulai dari keberangkatan, fasilitas jamaah saat di Tanah Suci, hingga kembali lagi ke Tanah Air.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah agen travel umroh tersebut memiliki ijin atau tidak? Berikut caranya:

Pertama, Mendatangi kantor Depag setempat untuk menanyakan daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh(PPIU) yang resmi. Dengan begitu Anda akan mengetahui secara langsung apakah travel tersebut resmi atau tidak.

Kedua, Anda juga bisa mengecek dan mengaksesnya secara langsung di website Kementerian Agama. Di situs tersebut bisa kelihatan dan muncul sejumlah biro perjalanan yang resmi dan apabila tidak terdaftar maka dapat dipastikan bahwa agen travel tersebut abal-abal.

Ketiga, Anda juga bisa menghubungi call center haji 1500-425 untuk memperoleh informasi seputar travel umroh berizin secara lengkap.

  1. Patikan Paket Biaya Umroh Wajar

Selain mengecek legalitas agen travel, Anda juga harus memastikan bahwa paket biaya umroh dengan fasilitas yang akan Anda terima sesuai. Jangan mudah tergiur dengan penyelenggara travel umroh dengan tawaran harga murah. Anda patut waspada apabila ada pihak travel yang menawarkan dengan harga murah dan terbilang tidak wajar, bisa jadi fasilitas yang diberikan travel umroh tersebut tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Wajar jika Anda bersikap hati-hati dan sedikit selektif untuk mendapatkan travel umroh terbaik guna menunjang kelancaran ibadah yang akan dilaksanakan. Mintalah penjelasan sedetail-detailnya mengenai paket travel umroh mulai dari rincian anggaran, penggunaan pesawat, jadwal pemberangkatan, penginapan, akomodasi, passport dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

  1. Perhatikan Mekanisme Pembayaran

Pada umumnya travel umroh resmi senantiasa menggunakan jasa perbankan dan mengatasnamakan perusahaan untuk segala transaksi pembayaran biaya umroh dengan jamaahnya. Pastikan travel umroh yang Anda pilih memiliki rekening perusahaan bukan atas nama pribadi.

Namun ada juga travel umroh yang memberlakukan transaksi tunai ataupun atas nama perseorangan/pribadi, dalam hal ini Anda harus memastikan bahwa transaksi dilakukan di kantor perusahaanya dan mendapatkan bukti pembayaran yang resmi.

  1. Hindari Travel Umroh yang Menggunakan sistem MLM

Hal lain yang harus Anda waspadai adalah hindari travel umroh yang menggunakan sistem MLM (Multi Level Marketing). Dalam mekanismenya, MLM menfasilitasi seseorang untuk melaksanakan ibadah umroh dengan ‘berutang’ kepada down line.

Dalam sistem ini, biasanya Anda diminta sejumlah uang untuk bergabung. Setelah bergabung, Anda diharuskan mengajak orang lain untuk bergabung dan menjadi downline. Apabila downline yang telah ditentukan telah terkumpul, barulah Anda dapat berangkat umroh.

Sistem MLM umroh yang marak berkembang sekarang ini memiliki potensi untuk terjadinya penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dan sistem ini telah diharamkan oleh sebagian besar ulama karena dianggap menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain.

  1. Meminta Rekomendasi Kerabat yang Pernah Melaksanakan Umroh

Guna terhindar dari oknum travel umroh yang tidak bertanggung jawab, Anda juga bisa menanyakannya secara langsung dan meminta rekomendasi kepada keluarga atau kerabat yang sebelumnya pernah menjalankan ibadah umroh dan menggunakan travel umroh dalam perjalanan religinya.

Anda dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai kepuasan dan fasilitas yang didapatkan. Pengalaman keluarga/kerabat akan menjadi referensi yang sangat penting dalam memilih agen travel perjalanan umroh.

Semoga bermanfaat!

Products you may be interested in;

[sam_ad id=”9″ codes=”true”]