Home » Arsip » Cara Mengolah Daging Kambing
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Sajadah Beli
Kerudung Beli
Souvenir Beli
Artikel Tips

Cara Mengolah Daging Kambing

cara mengolah daging kambing

Cara Mengolah Daging Kambing: Tips Ampuh Usir Aroma Khas Pada Daging Kambing

Idul Adha atau Hari Raya Kurban adalah momen hari raya Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dan ditandai dengan penyembelihan hewan dan pembagian daging kurban. Kambing adalah salah satu binatang yang dianjurkan oleh syariat islam untuk dijadikan hewan qurban selain sapi dan unta. Dan kambing juga merupakan hewan yang paling banyak dipilih untuk dijadikan hewan kurban, karena harganya yang terjangkau dibanding sapi dan unta. Oleh sebab itulah, daging kambing selalu mendominasi dan paling banyak dibagikan dan diterima oleh masyarakat.

Salah satu ciri yang melekat pada daging kambing adalah baunya yang khas, atau sering kita sebut bau prengus. Prengus adalah bau khas pada kambing yang berasal dari semacam cairan khusus disebut feromon yang dihasilkan oleh tubuh kambing itu sendiri, terutama kambing jantan.

Aroma khas dari kambing ini akan timbul apabila kita tidak mengolahnya dengan benar, meski telah dimasak sekalipun. Dan membuat hidangan tersebut sulit untuk dinikmati. Kendati daging kambing adalah daging yang lezat dan enak untuk dinikmati.

Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan bau khas pada daging kambing? Dan bumbu atau rempah-rempah apa sajakah yang bisa menghilangkan bau khas tersebut? Mari kita simak cara mengolah daging kambing berikut tips untuk mengusir aroma khas pada daging kambing:

Daging Kambing Langsung Direbus Tanpa Dicuci Terlebih Dahulu

Pada umumnya, sebelum dimasak daging harus dicuci bersih terlebih dahulu. Akan tetapi hal ini tidak berlaku pada daging kambing, apabila dilakukan maka tekstur daging akan jadi lebih alot dan aroma khas yang melekat pada kambing akan semakin tajam.

Anda dianjurkan untuk merebus daging tersebut tanpa dicuci terlebih dahulu. Kemudian buang air rebusan yang digunakan untuk merebus daging kambing tersebut, baru setelah itu Anda bisa mengolahnya seseuai dengan selera.

Namun, apabila Anda tidak yakin dengan kehigienisan rumah pemotongan hewan yang menjadi tempat pengolahan awal maka Anda bisa mencucinya untuk menjaga kebersihan daging kurban tersebut. Dengan catatan, daging boleh dicuci asalkan tidak terendam oleh air dan sebaiknya langsung ditiriskan. Jika daging kambing sampai terendam oleh air, bisa jadi juice­-nya hilang dan mempengaruhi rasa.

Hilangkan dan Bersihkan Lemak Yang Menempel Pada Daging Kambing

Lemak yang menempel pada daging kambing bisa jadi salah satu penyebab timbulnya bau prengus pada olahan daging kambing yang dimasak. Maka dari itu, sebelum dimasak lemak yang menempel pada daging kambing haruslah dibersihkan terlebih dahulu.

Selain menghilangkan bau prengus, metode ini juga sangat bagus bagi kesehatan. Karena daging tanpa lemak mengandung sedikit kolesterol dan tentunya lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Gunakan Cairan Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing, Anda juga bisa menggunakan cairan perasan jeruk nipis untuk menghilangkannya. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

Baluri daging kambing dengan parutan nanas atau pir

Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

Selain buah nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Di barat penggunaan buah ini untuk melunakkan daging lebih umum daripada nanas. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

Bungkus daging kambing dengan daun pepaya

Tidak hanya buah-buahan yang bisa menghilangkan bau prengus pada daging, akan tetapi dendaunan pun bisa dimanfaatkan untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Salah satunya adalah daun pepaya.

Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim yang terdapat dalam daun pepaya akan bekerja dan menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu.

Gunakan Daun Jambu Biji Untuk Menghilangkan Bau Prengus

Selain bermanfaat sebagai obat diare, daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi atau menghilangkan bau prengus yang khas dan tidak sedap pada daging kambing.

Berikut adalah caranya, ambil beberapa lembar daun jambu, kemudian daun jambu biji itu diremas-remas atau dibejek-bejek bersama dengan daging kambing sebelum dimasak. Lakukan hal ini selama beberapa menit baru kemudian daging siap untuk dimasak.

Potong Daging Searah Serat Daging

Proses pemotongan daging kambing juga harus diperhatikan. Karena dengan memotong daging kambing searah serat daging bisa mengurangi adanya bau khas dari daging kambing yang hendak dimasak. Metode ini memang terbilang susah karena kita harus benar-benar memperhatikan arah serat daging kambing.

Rendam Daging Kambing Dengan Susu

Merendam daging kambing dengan bahan tertentu terbilang cara paling efektif untuk menghilangkan bau prengus. Cairan rendaman pun tidak harus dengan rempah-rempah saja, tetapi dapat juga dengan susu.

Kandungan zat gizi pada susu dapat melunakkan daging kambing sehingga lebih empuk dan enak. Rendamlah daging kambing selama sehari semalam dalam cairan susu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Selain Susu, Yogurt Juga Bisa Digunakan Untuk Menghilangkan Bau Prengus

Yogurt menjadi salah satu bahan yang bisa melunakkan daging kambing selain rempah-rempah dan susu. Dalam yogurt mengandung banyak mikroorganisme hidup yang memiliki beragam fungsi. Mikroorganisme itulah yang mampu menghilangkan kotoran dan bakteri dari dalam daging kambing.

Sama seperti ketika merendam daging kambing pada larutan susu, Anda cukup merendamnya ke dalam yogurt yang telah diberi sedikit air. Dengan waktu perendaman sekitar sehari semalam saja. Usahakan jangan sampai merendam daging kambing melebihi dari batas waktu tersebut agar daging tidak hancur saat dimasak.

Demikian tips untuk menghilangkan bau khas pada daging kambing dan bisa Anda terapkan untuk Idul Adha besok. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!