Home » Arsip » Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Haji
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Kismis

Mulai dari Rp. 27.000

Beli
Buah Tin

Mulai dari Rp. 20.000

Beli
Kacang Pistachio

Mulai dari Rp. 25.000

Beli
Tips

Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Haji

cara mengatasi dehidrasi

Cara Mengatasi Dehidrasi Akibat Cuaca Panas di Makkah dan Madinah

Pelaksanaan haji pada tahun 2016 M/ 1437 H ini, bertepatan dengan musim panas yang tengah berlangsung di Makkah dan Madinah. Diperkirakan, suhu tersebut bisa mencapai 50 derajat celcius pada saat puncak pelaksanaan haji, yaitu pada awal bulan September. Yang perlu diantisipasi atas suhu udara yang tinggi ini adalah terjadinya dehidrasi, yang bisa memicu heatsroke pada seseorang. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi dehidrasi yang di akibatkan oleh suhu udara yang tinggi.

Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana cairan yang terkandung di dalam tubuh berkurang, sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya. Mengkonsumsi air yang cukup adalah salah satu cara agar kita terhindar dari dehidrasi. Air adalah salah satu asupan penting yang sangat diperlukan tubuh untuk mempertahankan suhu normal di dalam tubuh. Apabila suhu normal di dalam tubuh tidak terjaga, maka akan memicu seseorang terkena serangan heatsroke dan bisa saja berakhir dengan kematian. Berikut ini adalah cara mengatasi dehidrasi.

Mengetahui Tanda-Tanda Dehidrasi

Hal pertama yang harus kita lakukan agar tehindar dari dehidrasi adalah mengetahui gejala atau tanda-tanda dari dehidrasi itu sendiri. Segera hubungi dokter atau petugas kesehatan yang ada dikloter, jika Anda mengalami tanda-tanda dehidrasi dibawah ini:

  • Air seni berwarna kuning gelap (keruh) atau oranye
  • Jarang buang air kecil
  • Produksi keringat yang sedikit meski udara panas
  • Hidung dan mulut kering
  • Merasa lelah tau kebingungan
  • Haus
  • Kulit kering, bila dicubit tidak cepat kembali atau kurang elastis
  • Pusing
  • Napas dan Denyut jantung Cepat

Meminum Air Mineral atau Air Zam-Zam Sedikitnya 3-4 Litter

Cairan adalah salah satu elemen penting yang dapat mendorong fungsi organ tubuh. Maka dari itu, mengkomsi air yang cukup sangatlah penting, agar asupan cairan yang diperlukan oleh tubuh dapat terpenuhi dan memperlancar kinerja fungsi organ tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi air mineral yang memiliki peranan penting bagi keberlangsungan hidup manusia:

  • Penghilang haus dan dehidrasi; salah satu manfaat yang paling utama dari mengkonsumsi air mineral adalah penghilang rasa haus. Dengan mengkonsumsi air mineral juga, kita kan terhindar dari dehidrasi tau berkurangnya cairan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Dengan meminum air meniral yang cukup akan membantu menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Air berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh; hampir 60 % dari tubuh manusia didominasi oleh cairan. Apabila asupan cairan di dalam tubuh terpenuhi, maka akan membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan lain-lain.
  • Meminum air yang cukup juga dapat membantu meningkatkan energi. Apa jadinya apabila kita tidak mengkonsumsi air yang cukup, terlebih saat melaksankan ibadah haji atau umroh? Hal pertama yang kita rasakan adalah lelah. Otot yang kekurangan air tidak akan dapat bekerja dengan optimal yang meyebabkan terjadinya kelelahan.
  • Meminum air dengan cukup dapat meningkatkan fungsi otak; kompisis air yang cukup di dalam tubuh dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf otak.
  • Dan lain-lain

Mengingat pentingnya air bagi tubuh, maka jamaah haji dianjurkan untuk mengkonsumsi air paling sedikit 3 sampai 4 litter dalam satu hari. Agar terhindar dari dehidrasi dan bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar.

Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Selama menjalankan ibadah haji atau umroh, disarankan untuk menghindari minum minuman yang mengandung kafein. Karena kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban.

Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Banyak menkonsumsi buah dan sayur yang mengandung air dapat membantu Anda terhindar dari dehidrasi. Makanlah buah-buahan segar yang mengandung banyak air, seperti melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya. Buah-buahan tersebut dapat memberi aupan nutrisi untuk menjaga stamina dan terhindar dari dehidrasi selama menjalankan ibadah haji.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Selama menjalankan ibadah haji, disarankan untuk menggunakan payung atau topi, agar dapat meminimalisir terkena paparan sinar matahari secara langsung. Apabila Anda tekena paparan sinar matahari langsung, dimana keadaan suhu di Makkah dan Madinah sangat tinggi, hal ini bisa mengakibatkan dehidrasi dan akan membuat Anda mudah mengalami kelelahan.

Menjaga Kualitas Istirahat Anda

Para jamaah haji diimbau untuk menghindari aktifitas yang tidak ada hubungannya dengan ritual ibadah haji terutama di luar ruangan karena cuaca panas. Lebih baik, waktu tersebut digunakan untuk beristirahat agar bisa mempersiapkan diri dan stamina untuk menjalankan ritual ibadah haji.

Demikian tips tentang cara mengatasi dehidrasi akibat cuaca panas di Makkkah dan Madinah. Semoga bermanfaat!

 

Products you may be interested in;

Sajadah Beli
Kerudung Beli
Souvenir Beli