Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Tips

Buat Ibadah Umroh Lebih Aman dan Nyaman dengan Tips Ini

madinasyam.com

Tahun baru tentunya identik dengan perubahan yang lebih baik. Mulai dari sikap, perilaku hingga meningkatkan keimanan. Untuk meningkatkan keimanan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan perjalanan umroh.

Tidak perlu menunggu bertahun-tahun seperti Haji, Umroh bisa dilakukan kapan saja (kecuali pada musim haji). Namun sama halnya dengan berangkat Haji, perjalanan umroh pun tidak bisa sembarang dilakukan. Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang dan maksimal agar perjalanan ibadah Anda menjadi aman serta nyaman.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

1. Hati-Hati dalam Memilih Jasa Travel

Membludaknya minat umat muslim untuk beribadah, menjadi salah satu kesempatan para pelaku bisnis yang tidak disiakan. Maka tak heran, jasa travel kini semakin banyak dan tak sedikit yang menawarkan dengan berbagai fasilitas menggiurkan untuk menarik hati para konsumen yang ingin berangkat.

Nah, ini menjadi salah satu catatan penting untuk Anda yang ingin berangkat umroh. Jangan sembarang memilih agen travel dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Karena saat ini banyak oknum-oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan keinginan para konsumen untuk bertamu ke Rumah Allah. Bahkan tak sedikit yang akhirnya harus berurusan dengan hukum.

Pilihlah agen travel yang benar-benar terpercaya dan capable. Selain harus berbadan hukum dengan jelas, tarvel yang Anda pilih harus memiliki track record yang baik dalam mengantar para jamaah sebelumnya. Untuk harga, boleh jadi pertimbangan tetapi jangan sampai dijadikan pertimbangan utama.

Pastikan travel yang Anda pilih benar-benar memudahkan Anda dan tidak menimbulkan kesulitan nantinya.

2. Persiapkan Fisik

Menjalankan ibadah umroh tentunya membutuhkan fisik serta stamina yang bagus. Serangkaian ibadah yang tidak sedikit, akan menguras cukup banyak tenaga. Maka dari itu persiapkan fisik dengan olahraga teratur sebelum berangkat. Banyak berolahraga seperti jogging atau berjalan kaki agar nantinya tidak kaget saat melakukan serangkaian ibadah.

3. Mempertimbangkan Ongkos/Biaya

Menentukan biaya ketika berangkat umroh wajib Anda lakukan. Anda harus mempersiapkan biaya yang nantinya akan dikeluarkan saat ibadah. Jika ingin beribadah saat liburan, jelang musim haji atau menjelang Ramadhan Anda akan mendapatkan biaya yang lebih mahal dibandingkan biaya umroh diwaktu yang lain. Hal ini dikarenakan pada musim-musim tersebut, biasanya jamaah yang akan berangkat membludak hingga menimbulkan persaingan ketat antar sesama maskapai maupun biro perjalanan umroh. Tidak jarang ini membuat biro travel kesulitan mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah dan berimbas pada harga paket yang lebih mahal.

Nah jika Anda ingin berangkat dengan biaya yang relatif lebih murah, Anda bisa memilih paket umroh yang berlangsung pada bulan Januari hingga Maret. Meski murah, Anda harus tetap memperhatikan keamanan, kenyamanan dan jaminan saat melakukan ibadah nanti.

4. Tidak Membawa Barang Bawaan yang Berlebih

Sangat disarankan Anda tidak membawa baju terlalu banyak, secukupnya saja. Yang perlu anda ingat adalah musim yang tengah terjadi di tanah suci. Jika sedang musim dingin, maka bawalah jaket, pakaian tebal serta kupluk dan sarung tangan untuk menghindari kedinginan.

Sementara, jika Anda sudah berada di Mekkah dan mulai melakukan serangkaian ibadah, janganlah membawa barang-barang yang akan membuat Anda repot nantinya. Cukup membawa barang seperlunya seperti tas kecil yang bisa dimasukkan sandal, kartu pengenal dan gelang maktab. Gelang maktab ini berfungsi untuk menunjukkan nomor maktab, nama ketua maktab dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Jangan lupa juga membawa kartu bus dan nomor hotel sebagai petunjuk arah pulang.

5. Tidak Kalap Saat Berbelanja

Ini menjadi satu kebiasaan para jamaah setelah melakukan serangkaian ibadah umroh. Ketika waktu istirahat tiba, mereka akan pergi ke pusat berbelanjaan untuk membeli oleh-oleh yang akan dibawa ke tanah air. Mulai dari ibu-ibu hingga bapak-bapak pun akan berbelanja.

Belanja boleh saja, tapi secukupnya saja karena nanti akan menyulitkan Anda ketika akan pulang ke tanah air. Jika belanjaan yang Anda beli melebihi kapasitas muatan, jangan banyak berharap bisa membawanya pulang.

Nah supaya Anda tidak bingung saat ingin membeli oleh-oleh untuk orang-orang terkasih, Anda bisa membelinya secara online hanya di Bursasajadah.com