Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

Bikin Terkejut! Ternyata Ada Cara Aman Agar Jamaah Bisa Membawa Air Zam Zam Tambahan

Utama

Banyak jalan menuju Roma. Begitulah istilah yang tepat untuk menggambarkan para jamaah yang nekat membawa zam-zam tambahan. Berbagai cara dilakukan untuk bisa membawa zam-zam lebih dan barang tambahan. Sudah menjadi rahasia umum kalau jemaah haji berusaha membawa air zamzam lebih banyak meskipun sudah mendapat jatah 5 liter air saat kepulangan.

Seperti diketahui bahwa air zamzam merupakan hadiah yang paling istimewa dan selalu dinantikan oleh siapapun. Baik itu sanak saudara, kerabat hingga teman di tanah air. Hal inilah yang kemudian membuat para jemaah melakukan secara sembunyi-sembunyi untuk dapat membawa air zamzam hingga ke rumah. Kenapa harus sembunyi-sembunyi? Karena memang membawa air zamzam ke dalam bagasi pesawat TIDAK DIPERBOLEHKAN. Peraturan ini bukan mengacu kepada air zamzamnya tetapi kepada cairan. Dan mengenai hal ini pihak maskapai dan bandara sangat tegas menegakan aturan ini.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah membawa air zamzam ke dalam tas bagasi itu secara tegas DILARANG. Dan jika Anda nekat membawa, sudah dipastikan barang Anda ditemukan oleh X-Ray.

02

Sumber: Jawapos

Dan beberapa fakta ditemukan untuk mengelabui mengelabui petugas biasanya:

  • Melakban seluruh botol/galon
  • Melapisi botol/galon air zamzam dengan aluminium foil
  • Menyembunyikan ditumpukan pakaian kotor
  • Segala macam cara lainnya selama itu dimasukan ke dalam tas bagasi

Saat petugas PPIH Daker Airport sedang pelayanan pemulangan di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz (PMAA) Madinah banyak ditemukan jemaah mencoba mengambil keuntungan dengan membawa barang berlebih. Tentu perilaku itu dicegah oleh petugas haji dan petugas dari maskapai.

Meski begitu, membawa air zamzam merupakan tantangan tersendiri bagi jamaah dari tahun ke tahun. Padahal secara jelas membawa air zamzam dengan cara atau metode apapun TIDAK DIPERBOLEHKAN. Dan jika Anda berusaha memasukan ke dalam TAS BAGASI (Tas besar) dan ketahuan, resikonya tas Anda akan dibongkar secara paksa. Lalu bagaimana caranya agar air zamzam bisa dibawa pulang ke tanah air?

Sebenarnya air zamzam dalam jumlah sewajarnya bisa dibawa ke atas pesawat dengan cara dimasukan ke dalam botol air mineral ataupun dimasukan kedalam tas tenteng. Jika ini Anda lakukan dan berhasil, akan diperbolehkan masuk ruang tunggu bandara. Jika sudah masuk ruang tunggu melewati X-raypun bisa.

03

Sumber: japantimes.co.jp

Tetapi sekali lagi bawalah dalam jumlah sewajarnya. Tas passport Anda bisa menampung 2-3 botol kecil air zamzam. 1 Botol bisa ditenteng langsung atau bisa dimasukan kedalam botol spray/botol minum yang kita bawa dari tanah air.

Sekali lagi JANGAN DIMASUKAN KE DALAM TAS BAGASI (tas besar yang masuk ke bagasi pesawat).

Anda boleh berkreativitas, karena masih banyak cara membawa air zamzam ke dalam pesawat (BUKAN KE BAGASI) dan jangan secara sengaja memperlihatkan banyaknya air zamzam untuk Anda bawa. Karena ini bisa menggagalkan misi ”rahasia” Anda. Jangan lupa juga agar berdoa untuk dimudahkan membawa air zamzam tambahan ke tanah air.

Selamat mencoba, semoga dimudahkan dan dilancarkanNya.