Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Tips

Biar Nggak Boros, Ini 7 Tips Belanja Oleh-Oleh Umroh yang Harus Anda Tahu

kurma

Kalau bicara soal Ibadah umroh, tentu menjadi impian para umat muslim selain menunaikan ibadah haji. Waktu berangkatnya yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan pemberangkatan ibadah haji, membuat umat muslim memutuskan berangkat ibadah umroh terlebih dahulu.

Selain tentang perjalanan ibadahnya, oleh-oleh khas tanah suci pun menjadi daya tarik sendiri bagi jamaah. Karena ke Tanah suci tidak melulu tiap tahun dikunjungi, maka membawa oleh-oleh sebagai cindera mata dan kenang-kenangan menjadi wajib dilakukan. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk saudara, kerabat bahkan orang-orang terdekat.

Namun, cindera mata tidak bisa dibeli sesuka hati. Mulai dari kapasitas bagasi terbatas sehingga nggak bisa memuat banyak barang bawaan, harga yang cenderung mahal pun jadi pertimbangan.

Baiknya, pertimbangkan membeli oleh-oleh dengan tips-tips berikut ini.

1. Buatlah Dulu Daftar Belanjaan yang Akan Dibeli

Sama seperti belanja bulanan, membeli cindera mata untuk oleh-oleh juga harus dipertimbangkan agar Anda tidak lapar mata. Tulislah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan atau bermanfaat untuk orang-orang yang akan diberikan. Selain bagasi yang tidak melebihi muatan, anda akan terhindar dari pemborosan.

Perlu diingat, belilah barang-barang yang bersifat langka dan hanya bisa ditemukan di Tanah Suci. Jika banyak di Indonesia, lebih baik cari di Indonesia saja.

2. Mengetahui Lokasi Pusat Belanja

Barang dagangan khas Tanah Suci sangat banyak. Maka, penting buat Anda untuk mencari tahu dulu lokasi yang sekiranya terjangkau untuk membeli barang-barang yang sudah ada dalam list daftar belanjaan agar tidak menguras banyak waktu.

Umumnya, toko-toko tersebut saling berdekatan. Coba carilah harga yang sekiranya ramah kantong dan memiliki kualitas baik. Namun, jika malas berpergian jauh beli saja oleh-oleh di daerah dekat penginapan para jamaah. Namun harganya sedikit lebih mahal dan barang-barang yang dijual pun tidak sebanyak di pusat perbelanjaan.

3. Mengatur Waktu yang Pas

Berbelanja untuk cindera mata boleh-boleh saja. Tapi, Anda tetap wajib tahu kapan waktu terbaik untuk berbelanja. Ingat, tujuan ke tanah suci adalah untuk beribadah. Maka ibadah menjadi prioritas utama. Jangan sampai keinginan belanja justru akan mengganggu waktu ibadah.

Jika semua rangkaian ibadah telah dilaksanakan, maka tidak ada salahnya untuk mengambil waktu berbelanja.

4. Menggunakan Bahasa Arab

Ketika tengah berkunjung ke negeri orang, tidak ada salahnya belajar bahasa mereka. Selain menambah pengetahuan, ini juga sebagai bentuk penghormatan untuk negara mereka.

Ini pun berlaku ketika tengah menunaikan ibadah umroh di Tanah Suci. Mempelajari bahasa Arab penting untuk membuat mereka merasa lebih dihargai. Selain itu, percaya tidak percaya menggunakan bahasa mereka ketika tengah berbelanja akan membuat pedagang berpikir dua kali untuk menaikkan harga. Meskipun para pedagang mengerti bahasa melayu. Tetapi tidak ada salahnya untuk mengambil sedikit hati mereka.

5. Siapkan Uang Riyal

Berbelanja dengan mata uang asli dari negara tersebut tentu terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Siapkan uang riyal tersebut jauh sebelum Anda berangkat ke tanah suci karena harganya pasti akan leih mahal dibandingkan ketika menggantinya di Tanah Air.

Tapi, jika belum sempat menggantinya Anda bisa mengambilnya di ATM bank setempat dengan menggunakan debit bank Indonesia. Perlu diingat, tetap harus hati-hati saat ingin mengambil uang di Tanah Suci. Pastikan untuk bertanya dulu apakah kena cash atau tidak.

6. Berani Menawar Harga

Sebelum membeli barang yang diinginkan. Baiknya cek dahulu harganya. Cobalah melakukan beberapa survei di toko untuk perbandingan harga. Meskipun perbedaan harganya tidak terlalu jauh berbeda, tetapi mencari yang lebih murah justru akan lebih menguntungkan.

Jika sudah mendapatkan barang yang diinginkan, cobalah untuk menawar dengan harga paling miring. Biasanya mereka akan memberikan harga khusus ketika Anda membeli dalam jumlah banyak. Tapi tetap harus ingat, jangan menawar terlalu kejam. Karena bukan hanya penjual yang rugi, Anda akan di cap sebagai orang pelit.

7. Persiapkan Dana Cadangan yang Pas

Meski telah menulis list belanja dengan lengkap, lapar mata kadang kerap terjadi. Hal ini tentunya akan membuat pengeluaran Anda bertambah. Untuk berjaga-jaga bawalah uang cadangan tetapi tetap harus dengan porsi yang pas agar Anda tidak benar-benar kalap.

Jika uang cadangan yang Anda bawa pas, otomatis akan membuat Anda berpikir dua kali untuk berbelanja lebih banyak.

Berbelanja untuk dijadikan oleh-oleh atau kenangan memang tidak ada salahnya. Tetapi, tetap harus pada batas normalnya. Jangan sampai kalap membeli belanjaan hingga membuat Anda rugi sendiri.