Home » Arsip » Tips Supaya Jamaah Nyaman Beribadah di Masjidil Haram
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Artikel Populer

Dapatkan Produknya disini

Tips

Tips Supaya Jamaah Nyaman Beribadah di Masjidil Haram

Alangkah baiknya memang sebelum menjalankan ibadah umroh Anda mengetahui detail situasi dan kondisi tiap lokasi ibadah. Salah satunya Majidil Haram, tempat yang pasti dikunjungi oleh jamaah umroh.

Sholat di Masjidil Haram adalah keinginan bagi semua umat islam, khususnya mereka yang berkesempatan berumroh dan berhaji. Namun seringkali bagi mereka yang pertama kali ke Ka’bah mengalami hal yang tak diinginkan, seperti tersesat.

Agar jamaah tidak tersesat, maka ada baiknya sebelum tawaf atau sholat melakukan survei terlebih dulu. Berikut adalah beberapa tips agar Anda nyaman beribadah di Masjidil Haram:

  1. Masuk dan Keluar Masjid

Area Masjidil Haram sangat luas. Sebelum ke Masjidil Haram jamaah sebaiknya memperhatikan peta Masjidil Haram. Setiap pintu memiliki nomor dan nama. bagi jamaah yang menggunakan bus, biasanya akan berhenti di tempat pemberhentian yang agak jauh dari masjid. Selanjutnya untuk masuk ke dalam masjid jamaah harus berjalan kaki.

Sebelum masuk ke pintu, sepatu atau sandal yang Anda kenakan sebaiknya dilepas dan dibawa saja dengan cara dimasukan ke dalam tas sandal atau kantong plastik. Ini cara untuk mengantisipasi jika Anda keluar melalui pintu masuk yang berbeda.

  1. Wudhu dan Toilet

Komplek wudhu menjadi satu dengan toilet. Tentunya tempat wudhu ini dipisah antara jamaah wanita dan pria. Komplek untuk wanita terletak didekat pintu 45 lantai 1, sedangkan untuk pria terletak di dekat pintu 79 lantai 2. Semua toilet di sana adalah toilet jongkok, dengan selang air untuk membersihkan daerah yang kotor. Di dalam komplek tersebut ada banyak toilet dan tempat wudhu, tetapi karena jamaah dari berbagai negara dan jumlahnya ribuan, maka Anda harus mengutamakan budaya antri ya, jangan suka menyerobot karena Anda bisa mendapatkan masalah. Jika tidak bisa menahan buang air kecil atau buang air besar, bi permisi meminta lebih dulu karena sudah tidak kuat menahan buang air.

  1. Mengenal Situasi Sekitar Masjidil Haram

Tempat minum zamzam ada di pelataran Masjidil Haram dan di dalam gedung. Semua air zamzam tersajii dingin dan terasa segar. Untuk meminumnya tersedia gelas plastik yang digunakan sekali pakai. Gelas-gelas ini pun boleh Anda bawa ke pondokan jika ingin. Gelas plastik ini banyak kegunaannya di pondokan bisa dipakai untuk membuat teh atau kopi panas, meski gelas plastik tapi bisa tahan panas.

Jamaah asal Indonesia sering membawa air zamzam ke pondokan untuk di masak. Hal ini mengingat air zamzam di Indonesia harganya mahal, 1 liter bisa mencapai 250.0000. Maka jelas saja saat berada di sumber air zamzam jamaah asal Indonesia tidak akan melewatkan untuk sering minum air yang kaya akan khasiat ini.

Itulah beberapa hal yang harus Anda tau dan fahami selama di Masjdiil Haram agar ibadah umroh menjadi semakin tenang dan berkesan.