Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

Baru Tahu, 7 Fakta Makkah Ini Hampir Tidak Diketahui Banyak Orang

Utama (1)

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, berbicara soal Makkah pasti kamu sudah pada tahu dan familiar dengan nama ini. Mekkah atau Makkah merupakan jantung utama Arab Saudi. Hampir setiap tahun, kota Makkah tidak pernah sepi dari kunjungan umat muslim. Baik mereka yang ingin mengerjakan ibadah haji, atau ibadah umroh.

Ketika disebut Makkah, banyak orang pasti langsung teringat dengan ikon utama yang melegenda, yaitu bangunan Ka’bah. Bangunan yang menjadi kiblat umat Islam seantero dunia.

Jika berbicara tentang Makkah, sebenarnya banyak sekali fakta yang menarik yang hampir tidak diketahui oleh banyak orang. Lalu apa saja sih fakta menarik seputar Makkah yang jarang diketahui oleh banyak orang?

Berikut adalah 7 fakta tentang Makkah yang hampir tidak diketahui banyak orang:

1. Disebut 11 Kali dalam al-Qur’an

1 (4)

Sumber: Google

Sebagaimana diketahui, bahwa kota ini disebut juga dengan 11 nama yang berbeda.

2. Memiliki 4 Nama Berbeda

2 (2)

Sumber: Google

Makkah tidak hanya dikenal dengan Tanah Haram saja, tetapi Makkah juga punya 4 nama yang disebutkan dalam al-Quran. Misalnya Makkah (al-Fath [48]: 24), Bakkah (Ali Imran [3]: 96), 3. Umm al-Qura (asy-Syura [42]: 7), dan Al-Balad al-Amin (at-Tin [95]: 3).

3. Gravitasi yang stabil

3 (1)

Sumber: Umar Al Faruq

Makah diyakini sebagai kawasan yang mempunyai gravitasi stabil. Oleh sebab itu lah ketika kita mengelilingi Ka’Bah, maka seakan-akan diri kita di-charged ulang oleh suatu energi misterius dan ini adalah fakta yang telah dibuktikan secara ilmiah.

4. Tempat Diijabahnya Doa

4

Sumber: Labbaik

Hal ini merupakan satu keistimewaan yang dimiliki oleh kota makkah. Karenanya banyak orang yang memanjatkan doa ketika melakukan haji dan umroh. Mulai meminta agar dipertemukan jodoh, diberikan kelancaran rezeki, diberikan kesempatan kembali ke tanah suci, hingga pada urusan akhirat.

5. Tempat pengangkatan rasulullah

5

Sumber: Geotimesk

Makkah juga menjadi tempat pengangkatan Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir. Pengangkatan ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan, 13 tahun sebelum hijrah (610 M) manakala beliau sedang bertahannus di Gua Hira. Tahannuts adalah mengasingkan diri dari masyarakat

6. Memiliki cahaya yang terang

6

Sumber: Tribunnews.com

Terangnya cahaya di Makkah bukan hanya terlihat dari sekitar. Bahkan terangnya kota Makkah sampai keluar angkasa. Hal ini telah dibuktikan oleh Anton Shkaplerov, seorang kosmonot asal Rusia. Melalui kameranya, Anton Shkaplerov berhasil mengabadikan pemandangan yang menakjubkan.
Anton mengunggah hasil jepretannya pada 26 Januari 2015 diakun Twitternya. Ia pun menuliskan pujian atas kota Makkah yang sinarnya lebih terang, sementara kota lain di muka bumi tampak gelap.

7. Kota Real Estate Termahal Di Dunia

7

Sumber: Weetas

Sebagai kota suci yang hampir tak pernah libur akan kunjungan jamaah, Makkah menjadi salah satu kota dengan pembangunan hotel yang cukup gencar.

Bahkan menurut para ahli real estate, harga setiap satu meter persegi di area komersial di sekitar kota suci, bisa mencapai 375 ribu riyal (US$ 100.000 atau sekitar Rp 848.550.000). Dengan harga yang fantastis itu, Makkah menjadi kota paling mahal di dunia. Nah, bagi kamu yang mungkin ada rezeki, bisa merencanakan untuk berinvestasi di sana.