Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

Bagikan Pengalaman Naik Haji Lewat Video, Jemaah Ini Sukses Bikin Orang Rindu Tanah Suci

Utama

Hampir Setiap umat Islam baik yang pernah menunaikan ibadah haji atau umrah pasti rindu ingin kembali berkunjung ke Baitullah.

Sementara bagi mereka yang belum pernah berkunjung, biasanya akan selalu berdoa dan bermohon agar diberikan kesempatan oleh Allah untuk berkunjung ke tempat yang dimuliakan di muka bumi ini. Hati mereka senantiasa dipenuhi kerinduan untuk menjadi salah satu tamu Allah.

Wajar jika jutaan umat Islam senantiasa berkumpul di Makkah untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya. Sementara di luar musim haji, jutaan muslim dari berbagai penjuru dunia juga senantiasa berziarah ke Baitullah. Sepanjang tahun Kakbah tak pernah sepi dari umat manusia untuk meraih ridha-Nya.

Dalam sebuah video berjudul Experience Hajj 2018 in 111 seconds yang diunggah oleh Al Arabiya English terlihat bahwa seorang jamaah membagikan pengalamannya mulai dari bertemu petugas di bandara, naik bis, dan aktivitas selama berhaji.

1

Sumber: Youtube

Melihat video pengalaman pertama kali berhaji, tampak bahwa aktivitas haji yang dilakukan begitu tampak menyenangkan dan mengesankan. Mulai dari sa’i, melempar jumroh, thawaf, hingga saat ia tahallul yang ditandai dengan mencukur rambut.

Ada juga aktivitasnya di malam hari manakala ia hendak melempar jumrah. Melakukan lempar jumrah adalah sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari rukun beribadah haji. Biasanya para jamaah akan melemparkan batu-batu kecil ke tiga tiang yang berada dalam satu tempat bernama kompleks Jembatan Jumrah, di kota Mina yang terletak di dekat Makkah.

Terlihat pada lacar kaca handphone saat itu menunjukkan pukul 09.12 waktu setempat. Ia tengah berusaha mengumpulkan batu-batuan tersebut dari tanah di hamparan Muzdalifah dan hendak digunakan untuk melempar.

Batu yang digunakan tidak besar cukup kerikil seukuran ujung jari dan tidak berbentuk runcing ini dimasukkan ke dalam botol air mineral yang kemudian ia gunakan untuk melontar pada esok hari.

Video tersebut juga memperlihatkan kesigapan para petugas, sikapnya yang ramah dan tak segan untuk membantu jamaah, bahkan hanya sekadar menunjukkan jalan keluar. Terlihat juga mudahnya mengakses fasilitas, ketersediaan air, hingga keakraban antar jamaah.

Hingga artikel ini dituliskan, kami belum bisa mendapatkan informasi siapakah jamaah yang membagikan video tersebut. Namun, aktivitas selama menunaikan haji yang tampak bersahabat itu membuat banyak orang berharap untuk bisa melihatnya.

Bahkan Michael T yang notabenya non muslim pun sempat menuliskan komentar, ” thank you, as a non Muslim… i know am not allowed to see mecca…..but this clip showed me what it will be like.”

Video yang diunggah pada 27 Agustus 2018 ini merupakan rekaman dari Jamaah Turki. Hingga saat ini, Video tersebut sudah disaksikan sebanyak 2.429 orang dan disukai oleh 62 orang. Sementara, video yang sama diaploud oleh akun facebook Al Arabiya English, disukai oleh 508 orang, 17 komentar, dan dibagikan sebanyak 586 kali.